SKPD Komitmen Tekan Pertumbuhan Penduduk

548
Diskominfo Lamsel – Bupati Lamsel H. Zainudin Hasan bersama jajaran Forkopimda menyaksikan penandatangan MoU program kependudukan saat rapat kerja daerah yang digelar di Aula Rajabasa Kantor Bupati Lamsel, kemarin.

KALIANDA – Pemkab Lampung Selatan berkomitmen untuk menekan angka pertumbuhan penduduk di Kabupaten Lampung Selatan. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Bentuk komitmen dari jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) itu dilakukan melalui memorandum of understanding(MoU) saat rapat kerja daerah Badan Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana (BPKKB) Lamsel yang digelar di Aula Rajabasa Kantor Bupati Lamsel, kemarin.

Hadir langsung Bupati Lamsel H. Zainudin Hasan yang membuka secara langsung kegiatan tersebut. Perwakilan Forkopimda plus juga tampak hadir seperti Kasdim 0421 Lamsel Mayor. Inf. Anwar, Wakapolres Lamsel Kompol Ketut Suryana dan para Kepala SKPD di Kabupaten Lamsel.

Menurut Zainudin, para kepala SKPD yang ikut menandatangani MoU pertumbuhan penduduk bisa benar-benar memahami isi dari perjanjian tersebut. Sehingga, komitmen itu bisa dicapai dengan tepat sasaran.

BACA :  Huntap Kurang Lahan 6.000 Meter

“Rapat kerja daerah ini membahas MoU para kepala SKPD untuk ikut bersama-sama bisa mengikuti program KB. Tujuannya, menekan laju pertumbuhan penduduk. Saya harap, mereka itu mengerti isi dari perjanjian itu. Sehingga, bisa mencapai suatu tujuannya,”ujar Zainudin saat diwawancarai usai kegiatan.

Pihaknya tidak memungkiri laju pertumbuhan penduduk yang pesat bisa mempengaruhi pertumbuhan ekonomi masyarakat. “Masyarakatnya banyak, lapangan kerja akan semakin sempit. Ini salah satu tujuan dari kegiatan ini,”imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, evaluasi akan terus dilakukan secara berkala untuk mengetahui perkembangan dari perjanjian tersebut. Sehingga, dapat diketahui berbagai kendala yang terjadi dilapangan terkait sebuah program tersebut.

“Kita bekerja harus punya target. Maka saya selalu tekankan kepada aparatur pemerintah harus bekerja seperti swasta. Jadi, target yang dibebankan harus bagaimana caranya kita capai,”pungkasnya.

BACA :  Sosialisasi Netralitas Pilkada Sasar Kades

Sementara itu, Kepala BKKBN Provinsi Lampung Faulina. JS mengharapkan MoU kependudukan ini bisa berjalan dengan baik. Rapat kerja daerah, lanjutnya, merupakan runtutan dari rapat kerja nasional yang sebelumnya telah digelar.

“Saat ini pertumbuhan ekonomi di Lampung sudah semakin baik. Sementara pertumbuhan penduduk tiap tahunnya di Indonesia terus meningkat dengan kisaran 0,4 persen per tahun atau 4 – 5 juta penduduk,”papar Faulina dalam laporannya.

Dia berharap, BPKKB Kabupaten bisa mendukung program tersebut untuk menekan angka pertumbuhan penduduk. Salah satunya, dengan membentuk kampung KB yang ada di setiap kecamatan.

“Minimal, setiap kecamatan memiliki satu desa yang fokus untuk dilakukan pembinaan kampung KB. Ini bisa menjadi contoh desa lainnya dengan terus secara maraton mensukseskan program ini,”pungkasnya. (idh)