Smart Village Bidik Empat Desa di Sragi

98
Ist.Radarlamsel - Pembinaan Smart Village di Desa Kedaung Kecamatan Sragi yang digelar oleh Dinas Perpustakaan Lampung Selatan, Jumat (10/7).

SRAGI – Empat desa di Lampung Selatan dibidik sebagai pilot project Smart Village Provinsi Lampung tahun 2020. Keempat desa ini akan dibangun menjadi desa mandiri dari pengembangan ekonomi hingga kearifan lokal.

Empat desa yang dipilih sebagai pilot project Smart Village yaitu Desa Kedaung Kecamatan Sragi, Desa Pasuruan Kecamatan Penengahan, Desa Cinta Mulya, dan Desa Rawa Selapan Kecamatan Candipuro.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Pengembangan, Pengolahan dan Pelestarian Bahan Pustaka, Dinas Perpustakaan Lampung Selatan, Septiana ketika memberikan pembinaan di Desa Kedaung Kecamatan Sragi, Jumat (12/7), pekan kemarin.

Septiana mengatakan, Smart Villlage ini sebagai upaya Pemeritah Provinsi Lampung untuk mengembangkan desa melalui inovasi-invosi dan keraifan lokal yang ada di desa.

BACA :  DWP Lamsel Santuni 100 Santridi Hari Jadi

“Ini salah satu upaya Pemerintah Provinsi untuk membangun desa. Untuk menciptakan desa mandiri dari pengembangan inovasi dan kearifan lokal,” ujar Septiana memberikan keterangan kepada Radar Lamsel.

Program Smart Village ini bukan hanya mengedepankan fasilitas perpustakaan yang ada di desa. Yang lebih ditekankan pengimplementasian fasilitas perpustakaan kedalam kehidupan masyakarat. “Empat desa pilot projek ini fasilitasnya memang sudah bagus, buku-bukunya lengkap. Tinggal pengimplementasiannya saja,” sambung Septiana.

Septiana mengungkapkan, Program Smart Village ini juga tidak hanya melibatkan Dinas Perputakaan saja namun juga Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa. Setiap desa juga akan dibentuk jaringan informasi dan kominikasi untuk setiap kegiatan yang ada di desa.

BACA :  Program PSR Terancam Gagal

“Di desa Smart Village ini juga akan dibagung jaringan Infokom, untuk memantau semua kegiatan. Mulai dari pengembangan ekonomi kreatif UMKM, sektor pertanian, hingga kerafin lokal,” tuturnya.

Sementara ini Kepala Desa Kedaung Edi Kuswanto berharap, dengan dibidiknya desa kedaung sebagai pilot projek Smart Vilage desa yang dipimpinya akan menjadi desa mandiri yang memberikan dampak kesejahteraan kepada masyarakat.

“Harapan kami dengan adanya program smart village ini desa Kedaung akan menjadi desa yang mandiri melaui pengembangan dan inovasi ekonomi kreatif dan kearifan lokal,” harapnya. (vid)