Sragi Sosialisasikan Replikasi Inovasi Desa

848

SRAGI – Pemerintah Kecamatan Sragi bersama Tim Program Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Sragi menggelar sosialisasi Replikasi Inovasi Desa, Senin (5/11).

Sosialisasi yang di gelar di balai Desa Kedaung tersebut dihadiri seluruh Kepala Desa (Kades) dan Sekretaris Desa (Sekdes) se Kecamatan Sragi dangan tujuan mamantau perkembangan komitmen inovasi desa.

Ketua TPID Kecamatan Sragi Novrianto Bayu mengatakan, kegiatan  mengetahui program inovasi sesuai dengan kondisi geografis masing – masing desa.

“Sosialisai ini untuk mengetahui komitmen yang mereka tentukan pada saat bursa inovasi desa pada 30 September lalu. Apakah sudah terakomodir di APDes 2019 atau tidak,” kata Novrianto.

BACA :  Hati-hati, Jalan Poros Rusak Parah

Novrianto menerangkan, replikasi inovasi desa merupakan meniru inovasi yang sudah ada untuk dijadikan komitmen inovasi desa di Kecamatan Sragi.

Ia menyebutkan, beberapa komitmen inovasi yang dipilih pemerintah desa di Kecamatan Sragi, antara lain pengembangan inovasi sarana olaraga, jaminan kesahatan dan Bumdesmart. Selain itu ada juga pengembangan pakan ternak permentasi dan pengembangan tortila ikan mujair dan ubi-ubian.

“Semua desa telah mengisi kartu komitmen inovasi pada 30 Sepetember lalu dengan harapan komitmen inovasi tersebut dapat meningkatkan pendapatan asli desa (PAD),”ujarnya.

BACA :  Pupuk Subsidi Diklaim Aman

Disisi lain, Novrianto menjelaskan, selain meningkatkan PAD, program inovasi desa ini juga bertujan untuk meningkatkan sumber daya manusia. “Disisilain pada inovasi desa ini ada bidang khusus Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) yang bertujan untuk meningkatan kemampuan SDM,” ujarnya.

Sementara itu Camat Sragi Bibit Purwanto berharap melalui program inovasi desa ini dapat meningktakan kesejahteraan masyarakat desa.

“Program ini harapnya dapat potensi yang ada di desa dapat dikembangkan yang akhirnya akan menciptakan kesejahteraan masyarakat,” (vid)