Sssstttss… Satpol PP Masih Jaga Rumah Rycko – Eki

1044
ILUSTRASI

KALIANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan masih menempatkan petugas satuan polisi pamong praja (Satpol PP) Lamsel untuk menjaga rumah pribadi mantan Bupati Lamsel H. Rycko Menoza dan mantan Wakil Bupati Lamsel H. Eki Setyanto.
Informasi yang dihimpun Radar Lamsel, ada 18 anggota Satpol PP yang masih menjaga kediaman pribadi mantan orang nomor satu dan dua di Bumi Khagom Mufakat itu. Mereka melakukan penjagaan sebagaimana tugas anggota Satpol PP. “Ada 18 orang. Ini yang kami ketahui,” kata sumber terpecaya Radar Lamsel dari internal Satpol PP yang meminta agar namanya tidak ditulis dalam koran, kemarin.’
Ke-18 anggota Satpol PP itu, sambung sumber, dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok menjaga rumah mantan bupati yang ada di Pahoman Bandarlampung dan satu kelompok lainnya menjaga rumah mantan wakil bupati di Hajimena, Natar. “Jumlah itu akumulasi ya. Dibagi dua kelompok,” ungkap dia.
Penugasan anggota Satpol PP yang bertugas di rumah pribadi mantan bupati dan wakil bupati ini mendapat sorotan Relawan Zamane (Zainudin bersama Nanang Ermanto). Para Relawan meminta agar Pemkab Lamsel tidak salah kaprah dalam mengejawantahkan kebijakan daerah.
“Urgensi dan aturannya apa ya? Saya aneh juga. Sekarang ini jamannya sudah kebalik-balik kali ya,” ungkap Sekretaris Relawan Zamane Firman Syahib kepada Radar Lamsel, kemarin.
Menurut Firman, Pemkab Lamsel seharunya lebih mementingkan dan memaksimalkan tugas-tugas anggota Satpol PP sebagaimana mestinya. “Cara untuk mengapresiasinya itu terlalu berlebihan menurut saya. Padahal ada yang lebih berhak untuk dijaga dan dikawal,” sesal Firman.
Plt. Sekkab Lamsel Ir. Erlan Murdiantono sempat bernada canggung dan berkilah saat Radar Lamsel mengkonfirmasi mengenai penugasan anggota Satpol PP itu, kemarin.
Erlan yang menjabat asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan ini mengaku belum mengetahui hal itu. “Saya belum tahu. Saya telepon dulu Kasat Pol PP ya. Atau besok (hari ini’red) kita panggil,” ungkap Erlan.
Sayangnya Kasat Pol PP Lamsel Suryadi belum dapat dimintai keterangannya mengenai hal ini. Dihubungi Radar Lamsel melalui sambungan teleponnya dalam kondisi tidak aktif. Layanan BBM-nya pun sudah tidak aktif.
Dikonfirmasi terpisah, Wakil Bupati terpilih Kabupaten Lamsel Nanang Ermanto mengatakan tak mendapat penjagaan dari Satpol PP Lamsel dikediamannya di Desa Waygalih, Kecamatan Tanjungbintang.
Sejauh ini, kata Nanang, dia mendapat pengawalan dari petugas kepolisian yang memang sejak pencalonan pilkada 9 Desember 2015 lalu melakukan pengawalan. “Kami biar rakyat saja yang mengkawal,” singkat Nanang kepada Radar Lamsel melalui sambungan telepon, kemarin. (edw/idh)

BACA :  Perangi Corona Awasi Dananya!