Status Kepsek Menggantung, Daftar PSP Sia-sia

7
ILUSTRASI

KALIANDA – Pelaksanaan Program Sekolah Penggerak (PSP) di Kabupaten Lampung Selatan bakal sia-sia belaka. Musababnya, hingga kini Dinas Pendidikan (Disdik) Lampung Selatan belum juga melakukan rotasi atau pergeseran jabatan Kepala Sekolah (Kepsek) dari pelaksana tugas (Plt) menjadi definitif.

Meski pihak Disdik sudah memberikan surat rekomendasi untuk pendaftaran program sekolah penggerak bagi para kepala sekolah di kabupaten Lampung Selatan, namun dari data pendaftaran tersebut, diketahui semua kepala sekolah yang mendaftar tercatat masih berstatus guru, bukan jabatan sebagai kepala sekolah.

“Pendaftaran PSP bagi kepala sekolah di Lamsel ini terkesan dipaksakan. Karena kepala sekolah yang mendaftar rata-rata masih berstatus Pelaksana tugas (Plt). Sedangkan salah satu syarat untuk bisa menjadi kepala sekolah penggerak adalah berstatus kepala sekolah definitif,” ujar sumber yang namanya enggan disebutkan, saat berbincang dengan Radar Lamsel, Rabu (13/10) kemarin.

BACA :  APBD Dapat Suntikan Rp 1,7 Miliar

Diungkapkannya, para kepala sekolah baik ditingkat SD maupun SMP di Kabupaten Lampung Selatan, sekarang ini tengah dirundung kebimbangan, lantaran belum dilakukannya rotasi jabatan kepala sekolah, sekaligus pengangkatkan jabatan sekolah dari pelaksana tugas menjadi definitf oleh pihak Dinas Pendidikan Lampung Selatan.

“Sudah lama mas para kepala sekolah baik SD maupun SMP dibuat bimbang, karena sampai saat ini belum juga dilakukan rotasi atau pengangkatan jabatan kepala sekolah definitif oleh pihak Disdik. Bagaimana mereka mau konsentrasi meningkatkan mutu pendidikan di sekolah yang dipimpin, sebab belum ada kejelasan kapan akan di definitifkan,” pungkasnya.

Radar sudah menghubungi Dinas Pendidikan Lampung Selatan melalui Sekretaris Disdik Lamsel Asef Jamhur. Namun yang bersangkutan tak menggubris upaya konfirmasi Radar Lamsel meski handphone nya dalam keadaan aktif.

BACA :  Capaian Vaksinasi Lamsel 26,33 Persen

.

Diketahui, program sekolah penggerak merupakan salah satu upaya dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan, untuk mewujudkan pendidikan bermartabat dan berdaya guna.

Apa itu sekolah penggerak? Sekolah penggerak adalah sekolah yang dapat menggerakan sekolah-sekolah  lain, dalam meningkatkan pembelajaran sehingga melahirkan murid-murid berprestasi. Sekolah  penggerak merupakan salah satu episode Merdeka Belajar.

Merdeka belajar diawali dengan perekrutan guru, menjadi guru penggerak. Kehadiran guru penggerak merupakan motor untuk berkolaborasi dengan ekosistem pendidikan untuk mewujudkan transformasi pendidikan di satuan pendidikan.

Satuan pendidikan untuk menuju marwah sebuah Sekolah Penggerak, secara konsepsi dan penggalaman sangat bergantung kepada kompetensi dan keingian stakeholder sekolah, terutama kepala sekolah dan gurunya. Sebab, terbagunnya holistik pendidikan yang mumpuni, sangat ditentutkan oleh sumber daya kepala sekolah dan guru. (Iwn)