Sudin Dibanjiri Aspirasi Kelompok Tani

694

Reses Anggota DPR RI di Sragi

SRAGI – Anggota DPR RI dari Komisi IV Sudin, S.E dibanjiri aspirasi masyarakat saat melakukan reses di Desa Marga Jasa, Kecamatan Sragi, Senin (5/3) kemarin.

Aspirasi datang dari kelompok tani yang berasal dari Kecamatan Sragi dan Kecamatan Palas. Poin-poin penting yang disampaikan kelompok tani menyangkut alat pertanian dan mesin pertanian (Alsintan) dan infrastruktur penunjang pertanian.

Tak hanya menyerap aspirasi dari masyarakat, pada reses tersebut politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut juga melakukan penyerahan bantuan hand traktor kepada kelompok tani. “Semua aspirasi masyarakat yang meminta bantuan Alsintan akan saya tampung, dan nanti sampaikan ke kementrian pertanian,” ucapnya.

Sudin melanjutkan, bagi kelompok tani yang sudah mendapatkan bantuan Alsintan berupa hand traktor diharapkan dapat merawat dengan baik. “Kalau bisa hand traktor-nya yang dikelola oleh kelompok tani bisa bertambah,”ujarnya.

BACA :  BPJS TK Kalianda Optimalkan 'pelayanan' Lapak Asik

Selain meyampaikan usulan bantuan Alsintan, lanjut Sudin, muncul juga aspirasi terkait infrastruktur jalan penunjang pertanian yang masih dikeluhkan  petani dan banjir yang sering melanda Kecamatan Palas dan Kecamatan Sragi.

“Kelompok tani dapat membuat proposal perbaikan jalan usaha tani ketahui UPT terkait. Saya yakin bila pengerjaannya dilakukan sendiri (kelompok tani, red) hasilnya lebih bagus. Banjir kerap terjadi   dikarenakan semakin berkurangnya kawasan hutan di Lampung yang saat ini tinggal sekitar 28 persen dan itupun sudah banyak yang gundul. Ini menjadi tugas Dinas Kehutanan dan Balai Wilayah Sungai (BWS) untuk melakukan penghijauan,” terangya.

BACA :  Dua Kerbau Raib Ditengah Pandemi

Masih menurut Sudin, selain aspirasi bantuan alat dan perbaikan infrastruktur jalan usaha tani, ia juga menanggapi keluhan masyarakat tentang  rendahnya harga jual jagung ditingkat petani.

“Sekarangkan sudah ada PT. Vasham yang berlokasi di Sidomulyo. Saya harap petani bisa kompak bisa menjual jagungnya disana tidak menjual kepada tengkulak, karena disana harganya selalu terpantau oleh pemerintah,” ujarnya.

Sementara Camat Sragi Bibit Purwanto mengatakan, kunjungan anggota DPR RI sangat dibutuhkan masyarakat karena masyarakat Sragi menaruh harapan besar kepada anggota DPR RI yang siap menampung aspriasi masyarakat. “Warga sangat antusias mengadiri rases, karena setiap aspirasi yang ditampung oleh pak Sudin selalu terealisasikan,” pungkasnya. (Cw1)