Suka Pura Verifikasi ODF

213
Ist.RadarLamsel– Tim verifiksi ODF sedang memantau hasil pembangunan swasembada WC di Desa Suka Pura, Kecamatan Sragi, Senin (28/10).

SRAGI – Setelah berjuang dalam menggalakkan program swasebada WC, akhirnya Desa Suka Pura, Kecamatan Sragi medapat verifikasi Open Defecation Free (ODF) atau bebas buang air besar sembarangan, Senin (28/10).

         Kepala Desa Suka Pura, Eko Casroni mengatakan verifikasi tersebut setelah pihaknya menyelesaikan pembangunan jamban sehat di 89 rumah melalui program swasembada WC.

         “Hari ini desa Suka Pura diverifkasi, setelah menyelesaikan pembangunan jamban sehat di 89 rumah masyarakat melalui program swasembada WC,” ujar Eko kepada Radar Lamsel.

         Eko menerangkan, pembangunan 89 jamban sehat tersebut memakan dana sebesar Rp 47,2 juta yang dianggarkan melalui kucuran Dana Desa (DD) tahap kedua.

BACA :  Petani Didorong Tanam Padi Genjah

         “Untuk menyelesaikan pembangunan jamban ini menghabiskan dana sebesar 47,2 juta. Harapan kami setelah verifiksi ini desa Sukapura akan mendapat sertifikasi ODF” harapnya.

         Sementara itu Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Rawat Jalan Kecamatan Palas, Sumari Sasmito menjelaskan selain Desa Suka Pura juga terdapat Desa Mandala Sari dan Desa Sumbersari yang telah diverifikasi oleh tim ODF Kabupaten Lampung Selatan.

         “Yang sudah sertifikasi Desa Margasari dan Margajasa. Sedangakan hari ini ada tiga desa yang sudah diverifikasi tim ODF kabupaten. Sementara yang masih dalam proses penyelesaian masih lima desa lagi,” terang sumari.

BACA :  Petani Didorong Tanam Padi Genjah

         Sumari menjelaskan, kelima desa tersebut antara lain, Desa Baktirasa, Kuala Sekampung, Kedaung, Sumberagung, dan Desa Bandaragung. Dimana ditargetkan akan selesai pada November mendatang.

         “Kami terus mengejar lima desa ini agar selesai pada November. Karena pada Desember nanti Lampung Selatan akan mendeklarasikan sebagai daerah bebas buang air besar sembarangan,” pungkasnya. (vid)