Sukanegara Bidik Juara Lomba Desa

77
Foto Kades dan Istri

TANJUNG BINTANG– Desa Sukanegara melakukan persiapan maksimal pada ajang Lomba Desa tingkat Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) mewakili Kecamatan Tanjungbintang, Senin (17/2).

Sekertaris tim penilai Lomba Desa Nasron mengatakan, Penilaian dalam Lomba Desa itu mencakup tiga bidang. “Bidang pemerintahan, pemberdayaan masyarakat dan bidang kewilayahan,” jelasnya kepada Radar Lamsel usai melakukan penilaian di Desa Sukanegara.

Nasron menjelaskan Lomba Desa itu diadakan disetiap tahun. Dia berpendapat Lomba Desa itu sendiri dapat memacu pores pembangunan suatu desa menjadi lebih cepat. “Dengan adanya Lomba Desa ini akan lebih memacu proses pembangunan desa lebih cepat melalui program lomba desa itu sambil mengevaluasi perkembangan desa. Yang bisa mengikuti lomba desa itu Desa berkembang dan cepat berkembang,” bebernya.

Sementara itu, Kades Sukanegara Heri Tamtomo mengatakan, bahwa Desa Sukanegara sudah memberikan persiapan dengan sangat maksimal. “Alhamdulillah persiapan kita untuk lomba desa ini sudah kita lakukan semaksimal mungkin. Semua yang tercantum di penilaian sudah kita maksimalkan. Kekurangan pasti tetap ada. Tetapi kita sudah semaksimal mungkin untuk lomba desa ini,” terangnya.

BACA :  1.230 Rumah Disemprot Tiap Hari

Heri menjelaskan, mengikuti ajang lomba desa itu amat penting karena dapat meningkatkan gotong-royong pada masyarakat maupun meningkatkan pelayanan administrasi, bahkan dapat meningkatkan pengetahuan.

“Yang tadinya gotong-royong masyarakat sudah mulai menipis sekarang giat kembali, itu yang saya lihat secara fisik. Secara administrasi yang tadinya ada kekurangan sekarang bisa tertutupi. Lomba desa ini bisa untuk menambah pengetahuan sehingga membuat pola fikir masyarakat Sukanegara untuk lebih maju,” tuturnya.

Dengan adanya persiapan yang maksimal dalam menyambut Lomba Desa itu, Heri berharap Desa Sukanegara dapat membawa prestasi untuk Kecamatan Tanjung Bintang sehingga dapat maju ke jenjang tingkat nasional. “Harapan saya menang, kita bisa mewakili Lampung Selatan guna tingkat Kabupaten. Yang kedua saya berharap Masyarakat masyarakat Desa Sukanegara levih semangat untuk membangun Desa ini untuk menjadi lebih baik,” harapnya.

BACA :  Trend Berjemur Merambah Desa

Disisi lain, Camat Tanjung Bintang Hendri Hatta, S.Ag menjelaskan bahwa Desa Sukanegara merupakan kampung KB. Dia berharap dengan Adanya Lomba Desa ini dapat membuat Desa Sukanegara menjadi semakin berbenah. “Gotong-royong masyarakat semakin meningkat dan semakin berbenah. Intinya lomba desa itu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat,” jelasnya.

Penilaian Lomba Desa itu berlangsung di kantor Desa Sukanegara dan dihadiri oleh Sekertaris tim penilai Lomba Desa Nasron, Camat Tanjung Bintang Hendri Hatta, S.Ag, Kades serta TP-PKK se-Kecamatan Tanjung Bintang.(adv)