Sukapura Genjot Infrastruktur dan Sarana Desa

113
Kepala Desa Sukapura, Eko Kasroni.

SRAGI – Pemerintah Desa Sukapura, Kecamatan  Sragi terus mendorong pembangunan infrastruktur desa. Sebagai upaya memajukan desa,  berbagai program pembangunan telah direalisasikan melalui anggaran Dana Desa (DD)  tahap pertama dan kedua tahun 2019.

Salah satu program pembangunan yang mulai bergerak sejak dikucurkannya DD tahap pertama yaitu,  pembangunan Balai Pertemuan Rakyat. Kepala Desa Sukapura, Eko Kasroni menjelaskan, pembangunan ini sebagai upaya untuk meningkatkan  sarana dan prasarana Desa Sukapura. 

“Pembangunan balai pertemuan ini untuk meningkatkan sarana desa. Karena selama ini Desa Sukapura belum memiliki gedung pertemuan, ” Kata Eko kepada Radar Lamsel,  Jumat (30/8) pekan kemarin. 

Eko mengatakan,  balai pertemuan dengan luas 192 meter persegi itu dibangun secara pertahan dari kucuran DD tahap pertama dan tahap kedua tahun 2019. Untuk membangun Balai Pertemuan Rakyat tersebut menghabiskan total anggaran sebesar Rp 251,6 juta. 

BACA :  250 Lapak Pedagang Disemprot

“Untuk mewujudkan balai pertemuan rakyat ini,  pemerintah Desa menganggarkan dana sebesar Rp 251,6 juta yang dianggarkan dengan bertahap dari DD tahap pertama dan kedua, ” terangnya. 

Tidak hanya sampai disitu saja, ujar Eko,  kucuran DD tahap kedua juga dimanfaatkan  untuk meningkatkan infrastruktur desa, dengan membangun saluran drainase di Dusun Purwomukti. 

Tak tanggung-tanggung sebangai upaya untuk mencegah banjir di Dusun Porwomukti,  pihaknya membangun saluran drainase sepanjang 688 meter. Yang menghabiskan anggran sebesar Rp 196,9 juta. 

“Ditahap kedua ini kami juga merealisasikan pembangunan drainase di lingkungan Dusun Purwomukti.  Pembangunan ini sebagai upaya untuk mencegah banjir, ” tuturnya. 

Lebih lanjut, Eko Menjelaskan, di tahun 2019 pihaknya mengalokasikan dana di bidang pembangunan desa sebesar sebesar Rp722,9 juta. Pada kucuran DD tahap ke tiga program pembangunan akan dilanjutkan dengan pengerasan jalan lingkungan Dusun Purwomukti sepanjang 688 meter dengan anggaran sebesar Rp 137 juta. Kemudian meningkatkan sarana olahraga (Sorga)  sepanjang 587  meter dengan anggaran Rp 77,9 juta.

BACA :  Pendatang Bawa Covid-19, Sragi Mulai Ketat!

 Tidak hanya itu, Desa Sukapura pada kucuran DD tahap ketiga mendatang pihaknya juga akan membangun tempat penampungan sampah, sebagai upaya mengatasi masalah sampah beberapa waktu lalu dengan anggran sebesar Rp 49,1 juta. 

“Untuk tahun pendapatan desa mencapai Rp 1,488 milyar dimana sebesar Rp 722,9 juta dialokasikan di bidang pembangunan desa.  Harapan kami dengan adanya pembangunan ini dapat mendorong Desa Sukapura semakin maju, ” Harapnya.  (vid)