Sumbersari Tingkatkan Sarana Pendidikan, Kesehatan dan Jalan

52

SRAGI – Upaya meningkatkan infrastruktur desa terus menggeliat di Desa Sumber Sari, Kecamatan Sragi. Meski dihatam Covid-19, namun Pemerintah Desa Sumbersari berhasil merealisasikan meningkatkan pembangunan jalan, kesehatan, dan pendidikan.

Penjabat Sementara Kepala Desa Sumber Sari, Mastur mengatakan, pada tahun 2021 pemerintah desa Sumber Sari memiliki tiga program fisik unggulan, yaitu pembanguna fisik infrastruktur jalan, kesehatan dan pendidikan.

“Di tahun 2020 ada tiga program fisik yang kita utamakan. Yaitu dibidang infrastruktur jalan, pendidikan, kesehatan, yang semuanya kita anggarkan melalui Dana Desa (DD),” ujar Mastur memberikan keterangan kepada Radar Lamsel, Senin (23/11) kemarin.

Pada kucuran DD tahap pertama, pemerintah Desa Sumber Sari berhasil merealisasikan pembangunan jalan rabat beton di Dusun VI sepanjang 450 meter dengan anggaran sebesar Rp 222,3 juta. Dan di Dusun III sepanjang 88 meter dengan anggaran sebesar Rp 51,6 juta.

BACA :  Pupuk Subsidi Diklaim Aman

Masih bersumber dari kucuran DD tahap pertama pihaknya juga berhasil merealisasikan pembangunan, satu unit gorong-gorong di Dusun III dengan anggaran Rp 7,1 juta, kemudian di dusun II dengan anggaran Rp 6,9 juta,

“Di tahap satu, tak hanya melakukan pembangunan jalan saja. Namun juga kita melakukan pembangunan penunjangnya seperti gorong- gorong. Serta dranase di Dusun IV dan Dusun III,” ucap mastur.

Kemudian pada kucuran DD tahap kedua pembangunan fisik dilanjutkan pada bidang pendidikan  dan kesehatan. Yaitu dengan merelisasikan pemeliharaan perpustakaan dengan anggaran sebesar Rp 168,9 juta.

Kemudian merealisasikan pembangunan taman bermai anak-anak dengan anggaran sebesar Rp 39,3 juta.

Sementara dibidang kesehatan pihaknya merealisasikan pembangunan gedung posyandu yang menghabiskan anggaran sebesar Rp 128,3 juta.

BACA :  Ribuan Tanaman Mangrove Disapu Gelombang

“Untuk di DD tahap ke dua pembangunan fisik kita alihkan untuk menungjang saran pendidikan dan kesehatan. Dengan merealisasikan pembangunan perpustakaan, taman bermain anak, serta gedung posyandu. Harapan kita dengan adanya peningkatan sarana dan prasarana ini pelayanan kesehatan dan pendidikan akan terus meningkat,” harapnya.

Sementara itu Sekretaris Desa Sumber Sari Iwan Kuswara mengungkapkan untuk penanggulangan Covid-19  pihaknya menganggerakn Bantuan Langsung Tunan Dana Desa (BLT-DD) untuk 77 KPM. Dengan anggaran sebesar Rp 129,6 juta untuk periode Apri – Juni, Periodes Juli – September sebesar Rp 64,8 juta, dan Oktober sebesar Rp 21,6 juta.

“Untuk penangulangan Covid kita memberikan bantuan BLT-DD kepada 77 Keluarga selama tujuh bulan. Dengan harapan bisa membantu perekonomian masyarakat yang terdampak Covid-19,” pungkasnya. (adv)