Suplai Bantuan Itik dan Ayam di Palas Meningkat

59
ILUSTRASI

PALAS – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung Selatan terus berupaya meningkatkan  pengembangan ternak non riminansia di Kecamatan Palas .

Tidak tanggung-tanggung pada tahun 2020 ini sebanyak 2.310 ekor itik akan digelontorkan di 21 desa, sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan kelompok ternak.

Plt. Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kehatan Hewan Kecamatan Palas, Iwan Ismunanto mengatakan,  pada tahun 2020 ini bantuan itik untuk Kecamatan Palas mengalami peningkatan. Dimana pada tahun 2019 hanya tiga desa yang menerima bantuan itik.

“Iya tahun ini ada 21 desa yang menerima bantuan itik. Bantuan ini juga berdasarkan pengajuan dari pemerintah desa yang diajukan pada murenbang kecamatan pada 2019 lalu,” ujar Iwan Ismunanto kepada Radar Lamsel saat ditemui di kantornya, Kamis (23/1).

BACA :  Di Musrenbang Nanang Bicara Kebersamaan

Iwan menerangkan, bantuan ini  sebagai upaya untuk mengembangkan ternak non ruminansia di Kecamatan Palas, dimana setiap kolompok ternak desa akan mendapatkan bantuan 110 ekor.

“Bantuan 2.310 ekor itik ini akan dibagi untuk 21 desa, dimana setiap kelompok mendapatkan 110 ekor iti. Namun Desa Pematang Baru mengundurkan diri untuk menerima bantuan tersebut,” ucapnya.

Selain bantuan itik, lanjut Iwan, pada tahun 2020 ini Kecamatan Palas juga menerima bantuan ayam sebanyak 1.800 ekor. Bantuan hewan ternak non ruminansia ini akan diserahkan pada Maret mendatang.

BACA :  Luas Lahan Persawahan Belum Valid

“Selain itu, pada tahun ini Kecamatan Palas juga menerima gelontoran bantuan ayam, kemungkinan bantuan ini akan diserakan ke masing-masing desa pada Maret mendatang,” jelasnya.

Iwan berharap dengan adanya upaya bantuan itik dan ayam ini akan meningkatkan pengembangan ternak non ruminansia, sehingga dapat memberikan kesejahteraan kelompok ternak di Kecamatan Palas.

“Bantuan ini menjadi salah satu strategi mengembangkan ternak non ruminansia. Harapan bantuan 2.310 itik dan 1.800 ayam ini dapat meningkatkan kesejahteraan kelompok ternak di Kecamatan Palas,” harapnya. (vid)

BAGIKAN