Suwadi Siap Lanjutkan Pembangunan Berbasis Masyarakat

389

Margacatur Bangun Jalan Cor Beton 1,3 Kilometer

KALIANDA – Kepala Desa (kades) Margacatur, Kecamatan Kalianda Suwadi siap melanjutkan pembangunan desa yang berbasis masyarakat. Itu dilakukan demi memajukan desa serta mensejahterakan warganya.

Meski dibilang baru seumur jagung menjabat sebagai pemimpin di Margacatur, namun Suwadi siap menjadi kades yang membawa aspirasi masyarakt. Sebab, pembangunan yang dilakukan melalui anggaran Dana Desa (DD) merupakan hasil musyawarah warga.

“Ini semua merupakan program pejabat sementara kades sebelumnya. Karena memang program ini hasil dari kesepakatan warga, maka tidak ada yang kami rubah. Semua kami lanjutkan karena memang programnya pro rakyat,”ungkap Suwadi di Balai Desa Margacatur, kemarin.

Dia menerangkan, anggaran desa melalui DD dan ADD yang diterima oleh Margacatur tahun 2017 ini mencapai Rp1,2 miliar lebih. Anggaran tersebut, digunakan sebesar-besarnya untuk infrastruktur jalan.

BACA :  Sukanegara Bidik Juara Lomba Desa

“Kita bekerja sesuai dengan aturan pimpinan. Rigid beton jalan desa dengang spesifikasi K225 kami bangun mulai dari dusun I, II dan IV. Rinciannya, rigid beton dengan lebar bahu jalan 3 meter sepanjang 1,3 kilometer dengan anggaran Rp500 jutaan dan sisanya dengan bahu jalan 2 meter sepanjang 972 meter dari anggaran gerbang desa provinsi,”terangnya.

Selain pembangunan cor beton, pengerjaan fisik juga di fokuskan untuk membangun tiga unit talut di dusun II, III dan IV yang alokasi anggarannya mencapai Rp60 jutaan.

“Talut yang kita bangun ini memang dilewati rigid beton yang sedang kami kerjakan. Jadi, masuk dalam prioritas pembangunan desa di tahun ini,”imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, kegiatan yang bersumber dari DD juga digunakan untuk pembinaan kemasyarakatan.Diantaranya adalah pelatihan Linmas, Lansia, PKK, pelatihan komputer aparatur desa, MTQ Desa, kepemudaan, karang taruna dan peringatan hari besar keagamaan.

BACA :  Desa Sidomukti Totalitas di Lomba Desa

“Kita ingin semua warga ikut aktif dan memiliki peranan penting dalam pembangunan desa. Karena, saya tidak bisa bekerja sendiri tanpa adanya bantuan dari seluruh lapisan masyarakat,”tutupnya.

Sementara itu, Camat Kalianda Erdiasyah, SH, MM yang kebetulan melakukan monitoring di Margacatur menegaskan, pembangunan badan jalan cor beton di Margacatur merupakan pembangunan jalan terpanjang dari seluruh desa di Kalianda.

Dia berharap, desa lain yang infrastruktur jalan masih kurang baik bisa memprioritaskannya seperti Margacatur. “Kami sudah cek sendiri, kondisi jalan yang baru dibangun memang mantap. Dengan spesifikasi sesuai dengan aturan dalam peraturan bupati,”pungkas Erdi. (idh)

BAGIKAN