Tak Ada TPS, Warga Buang Sampah di Pinggir Jalinsum

750

PENENGAHAN – Minimnya kesadaran membuang sampah pada tempatnya bisa berdampak luas. Sampah yang dibuang sembarangan akan mengganggu pemandangan dan menimbulkan bau tak sedap sehingga menganggu kenyamanan warga.
Seperti yang terjadi di pinggir jalan lintas sumatera (Jalinsum) Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan. Warga sekitar membuang sampah di pinggir jalan lintas sehingga sampah terlihat menumpuk dan menimbulkan bau tak sedap.
Meski lokasi pembuangan sampah itu tidak padat pemukiman warga, namun pemandangan tak sedap terlihat di jalan nasional itu. Bahkan pengendara dan warga sekitarnya yang melintas harus mencium baunya yang menyengat.
Antoni (40), warga sekitar yang berada dekat dengan tumpukan sampah tersebut mengaku sangat mengeluh karena tidak adanya tempat pembuangan sampah yang jelas. Bahkan minimnya tempat pembuangan sampah membuat sejumlah warga segitar selalu membuang sampah di tempat itu.
Padahal sebelumnya, tumpuklan sampah di tempat itu sudah sempat dibersihkan oleh pihak Dinas Kebersihan, Kabupaten Lampung Selatan. Namun meskipun telah dibersihkan oleh pihak dinas terkait, tumpukan sampah tersebut tetap saja masih menumpuk di pinggiran jalan yang dilintasi pengendara dari berbagai daerah.
“Yah, mau gimana lagi mas. Disini tidak ada tempat pembuangan sampah yang resmi. Warga membuang sampah ditempat ini karena tidak ada lokasi pembuangan sampah. Walaupun sampah selalu diangkut oleh Dinas Kebersihan tapi masyarakatnya masih aja membuang disini. Harapannya, ada tempat pembuangan sampah khusus supaya masyarakat tidak buang sampah di pinggir jalan lagi,” ujar Antoni, kemarin (25/1).
Sementara itu, Camat Penengahan Lukman Hakim, menjelaskan bahwa tumpukan sampah yang ada di pinggir jalan lintas tersebut disebabkan minimnya tempat pembuangan sampah (TPS) yang ada di wilayah tersebut.
“Disini tidak ada tempat pembuangan sampah. Kami sempat mengajukan untuk pembuatan TPS sejak tahun 2013. Tapi sampai saat ini tidak terealisasi. Padahal Kecamatan Penengahan ini sudah bisa kita katakan layak dan cukup untuk ada tempat pembuangan sampah,” kata Lukman Hakim, kemarin.
“Untuk lokasi TPS sudah kami siapkan jika ada bantuan untuk pembangunan TPS,” tambahnya.(CW1).

BACA :  Ikuti Prokes, Atau Dibubarkan Polisi