Tak Tepat Sasaran, Perangkat Desa Minta Dilibatkan

609

KATIBUNG – Program Keluarga Harapan (PKH) yang telah berjalan dinilai belum tepat sasaran. Para perangkat desa yang ada di Kecamatan Katibung berharap agar dilibatkan supaya program benar-benar tepat sasaran.
Persoalan ini juga menjadi topik pembahasan dalam Rapat Koordinasi Kecamatan (Rakorcam) yang diadakan di Desa Transtanjungan yang dihadiri Uspika Kecamatan Katibung beserta seluruh Kepala Desa, Jum’at (29/4).
Camat Katibung Hendra Jaya mengatakan, mengenai Program Keluarga Harapan memang tidak melibatkan perangkat desa maupun pihak kecamatan. “Masih banyak masyarakat yang layak menerima bantuan PKH akan tetapi tidak terdata,” kata dia kepada Radar Lamsel.
Hendra menyayangkan tidak terlibatnya pihak kecamatan maupun perangkat desa. Hal ini yang dinilai sebagai penyebab tidak tepatnya sasaran bantuan tersebut. “Untuk PKH masih banyak warga yang protes kepada pihak kecamatan, karena tidak mendapatkan bantuan tersebut. Karena tidak tercantum dalam data PKH,” ujarnya.
Mendengar keluhan masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan tersebut, dirinya mengaku tidak dapat berbicara banyak. Karena dalam hal ini pihaknya memang tidak terlibat dalam penyaluran bantuan tersebut. “Mendengar keluhan warga, pihak kami belum bisa bertindak karena memang tidak terlibat didalamnya,” katanya.
Untuk itu sambung dia, agar bantuan tepat sasaran pihaknya mengharapkan adanya koordinasi dari pihak penyelenggara PKH untuk dapat bekerjasama dalam menyalurkan bantuan tersebut kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan. “Harapan kami, agar kedapan, PKH ini melibatkan perangkat desa dan pihak kecamatan. Agar bantuan sepenuhnya bisa tersalurkan kepada masyarakat yang berhak mendapatkannya,” imbuhnya.
Selain membahas tentang PKH dalam Rakorcam tersebut Hendra mengimbau seluruh Apdesi se-Kecamatan Katibung agar segera menghidupkan kembali sistem keamanan kelililing (Siskamling). “Imbauan dari Bupati Lamsel H. Zainudin Hasan, agar kiranya menghidupkan kembali jaga malam dikalangan masyarakat desa,” kata dia.
Lebih lanjut dia mengatakan agar para Kades segera melaporkan jadwal dan nama-nama petugas ronda kepada Uspika. “Sewaktu-waktu akan kami adakan sidak terkait ronda malam, karena keamanan saat ini perlu ditingkatkan demi terciptanya rasa aman dan nyaman dimasyarakat,” pungkasnya. (Cw3)

BACA :  Fraksi PKS Serahkan APD Buat Tenaga Medis Bob Bazar