TalangBaru Sukses Bangun 1.100 Rabat Beton

545
Warga tengah mengerjakan proyek rabat beton di Desa Talangbaru Kecamatan Sidomulyo.

SIDOMULYO – Gelontoran Dana Desa (DD) tahap I mulai menunjukan hasil fisik pembangunan bagi desa di Lamsel. Teka terkecuali Desa Talangbaru Kecamatan Sidomulyo yang sukses membangun 1.100 meter rabat beton.

Dipimpin oleh seorang Kepala Desa Ahmadi, TalangBaru mulai sigap berbenah. Hal itu terbukti dengan pembangunan fisik di Dusun IV rabat beton sepanjang seribu meter lebih.

“Pembangunannya kami kebut, dan alhamdulillah saat ini sudah selesai pengerjaannya. Total 1.100 meter panjang jalan yang telah kami rampungkan di dusun IV,” kata Ahmadi kepada Radar Lamsel, kemarin.

Ayah tiga orang anak ini mengatakan apa yang sudah direalisasikan oleh pemerintah desa diharap bisa bermanfaat bagi warga. Terlebih jalan yang dibangun merupakan jalan dengan kualitas jempolan.

“Kami rampungkan rabat beton, ini untuk kualitas jalan yang tahan lama, dengan begitu pembangunan di desa bisa merata dari tahun ketahun,” ungkapnya.

Selain rabat beton, dua titik gorong-gorong juga dibangun di Dusun V. Sementara untuk Warung Desa pihaknya mengalokasikan Dana Desa sebesar Rp 80.000.000,-.

Orang nomor satu di Talang Baru ini memaparkan rincian belanja desa, penyelenggaraan desa Rp 311.955.436,- sebesar 25,21 persen. Untuk pembangunan Rp 721.597.836,- sebesar 58,32 persen. Sedangkan untuk pembinaan masyarakat Rp 68.900.000,- persentase sebesar 5,57 persen, dan pemberdayaan masyarakat Rp 74.738.436.,- dalam persentase 6,04 persen.

“Bentuk transparansi pengelolaan dana desa juga kami paparkan, sebagai informasi publik agar peruntukan DD diketahui oleh masyarakat juga,” paparnya.

Ayah tiga orang ini berharap baik dari segi pembangunan maupun pembinaan masyarakat bisa berjalan sesuai musyawarah. Sebab tanpa kebersamaan atau kekompakan pemerintah desa tak akan sanggup menjalankan roda pemerintahan.

“Kekompakan, keharmonisan serta keinginan untuk maju sangat kami butuhkan agar Talangbaru benar-benar maju. Bukan dari segi pembangunan semata, tetapi juga dari segi sumberdaya manusia yang mendukung,” terangnya.

Sementara untuk pembinaan, pihaknya juga berkolaborasi dengan Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung. Targetnya tak lain adalah sosialisasi keagamaan melalui posdaya.

“Kami juga berharap mahasiswa KKN berperan, terutama dibidang keagamaan, sosisalisasi mahasiswa kepada masyarakat juga kami harapkan bisa berdampak positif. Karena memang Sdm rekan-rekan KKN yang sesuai fungsinya,” tandasnya. (ver)