Talud Ambruk Langsung Diperbaiki

699
Randi Pratama – Perbaikan talud di Dusun 1, Desa Maja yang ambruk dikerjakan oleh warga dan aparat desa serta BPD Desa Maja, Kamis (13/10) kemarin.

KALIANDA – Pemerintah Desa Maja, Kecamatan Kalianda langsung bergerak cepat memperbaiki talud ambruk sepanjang 15 meter di Dusun 1, Kamis (13/10). Perbaikan dikerjakan oleh puluhan masyarakat serta dibantu oleh aparat desa dan diawasi BPD desa setempat.

Kepala Desa (Kades) Maja Yudi Afriansyah saat meninjau perbaikan talud mengatakan, sesuai hasil musyawarah, perbaikan talud sudah direncanakan sejak jauh hari. Menurutnya, bahan material untuk perbaikan talud sudah disiapkan sejak 5 hari lalu.

“Sebenarnya perbaikkannya bisa kami lakukan secepatnya. Tapi karena cuaca hujan, perbaikannya ditunda. Sekarang cuaca mendukung, kami langsung lakukan perbaikan,” terang Yudi kepada Radar Lamsel dilokasi, Kamis (13/10).

BACA :  17.588 Siswa SMA Dapat Bantuan Kartu Merdeka

Perbaikan talud yang dikerjakan masyarakat, aparat desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) diharapkan bangunan talud bisa lebih baik dari sebelumnya. “Ini kan pembangunan desa, jadi harus dilakukan dan diawasi bersama agar semuanya terlihat jelas,” katanya.

Yudi juga menjelaskan, dana keseluruhan pembuatan talud tersebut Rp25 juta dengan panjang keseluruhan talud 190 meter. “Dana yang dikeluarkan Rp25 juta, talud sepanjang 190 meter itu dibagi untuk kedua dusun. Yakni Dusun I sepanjang 80 meter dan Dusun II sepanjang 110 meter,” ungkap Yudi.

BACA :  TNI Donor Darah, Terkumpul 80 Kantong

Yudi menambahkan, aparat desa sudah mengimbau kepada masyarakat untuk menegur tukang jika ada yang salah dalam pembangunan. “Jika memang ada kesalahan, silahkan ditegur. Itu hak masyarakat sebagai pengawas setiap pembangunan yang dilakukan di desa,” pungkasnya. (rnd)