Tanggul Way Pisang Mulai Diperbaiki

245
David Zulkarnain – Alat berat exavator milik Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung sedang melakukan perbaikan tanggul penangkis Sungai Way Pisang, di Desa Sukaraja, Kecamatan Palas, Minggu (10/3).

PALAS – Setelah tiga pekan tak tersentuh perbaikan, akhirnya tanggul panangkis Sungai Way Pisang yang berada di Desa Sukaraja, Kecamatan Palas diperbaiki oleh Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung.

          Pantauan Radar Lamsel, satu unit alat berat exavator diterjunkan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung untuk memperbaiki tanggul yang jebol akibat luapan Sungai Way Pisang pada 15 Februari itu.

          Plt. Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penguji Konstruksi dan Bangunan Kecamatan Palas Selamet mengatakan, pihak Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung mulai melakukan perbaikan pada Jumat (8/3) pekan kemarin dengan menerjunkan satu unit exavator.

          “Perbaikan dimulai pada Jumat kemarin. Satu unit alat berat diturunkan oleh Balai Besar untuk pengerjaan perbaikan tanggul yang jebol,” kata Selamet kepada Radar Lamsel, Minggu (10/3).

BACA :  ”Dengan KPB Petani Bisa Lebih Kaya”

          Hingga saat ini, Selamet menerangkan, perbaikan tanggul penangkis Sungai Way Pisang itu masih dalam rahap penimbunan tanggul.

“Diperkirakan perbaikan akan memakan waktu cukup lama. Karena selain melakukan penimbunan kami juga membersihkan pohon yang berada disekitar tanggul yang jadi penghalang aliran air,” ungkapnya.

          Sementar itu, salah satu pengawas pengerjaan perbaikan tanggul Eko menerangkan, diperkirakan perbaikan tanggul panangkis akan memakan waktu selama dua pekan. Hal itu disebabkan penyusunan batu beronjong (sayap tangul) membutuhkan waktu yang cukup lama.

BACA :  Perbaikan Jembatan Topang Pertanian

          “Paling cepat akan selesai dalam dua pekan. Itu jika cuacanya bagus.  Karena yang membuat prose menjadi lama yaitu pembuatan beronjong atau sayap tanggul yang dikerjakan dengan cara manuar,” terangnya.

          Terpisah, Camat Palas, Rika Wati, S.STP, MM mengharapkan Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung dapat melakukan perbaikan dengan perencanaan yang matang.

          “Harapan kami perbaikan tanggul bisa dilakukan dengan maksimal. Sehingga tangul jebol di wilayah tersebut tidak terulang lagi,” harapnya. (vid)