Tanjungjaya Desa Percontohan KKB

727
Shofyan Apriyansyah – PLKB dan kader saat dilokasi kegiatan pembinaan Desa Tanjungjaya kecamatan Palas, Kamis (14/1).

PALAS – Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kecamatan Palas menggelar persiapan kader guna melaksanakan program Nasional Kampung Keluarga Berencana (KKB).
Desa di Kecamatan Palas yang mendapat rekomendasi pemerintah menjadi desa percontohan KKB adalah Desa Tanjungjaya. Program ini merupakan pemberdayaan masyarakat desa agar menjadi keluarga mandiri dan sejahtera.
Kepala Unit Pelaksana Teknis (KUPT) BPPKB Sukaryadi, S.E mengatakan, langkah awal akan diberikan petunjuk teknis, bimbigan serta latihan. Dimana sasarannya adalah pematangan materi petunjuk pelaksanaan program KKB, dimulai dari Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Palas dan para kader.
“Setelah juknis dan jutlak sudah dipahami oleh PLKB dan kader, tentunya program ini akan berjalan sesuai yang diharapkan,” kata Sukaryadi kemarin,(14/1).
Lebih lanjut Sukaryadi mengtakan, delapan fungsi pokok materi yang harus dikuasai oleh mereka yakni, fungsi agama, sosial, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi pendidikan, ekonomi serta pembinaan lingkungan.“Jika sudah dikuasai, saat implementasi kepada masyarakat akan berjalan dengan sukses,” tutup Sukaryadi.
Kader Desa Tanjungjaya Nova (27) mengaku siap menjalankan tugas dan fungsinya melakukan pembinaan masyarakat desa dalam ketahanan dan kesejahteraan. “Saya siap melakukan pembinan didesa demi tercapainya pembangunan keluarga sejahtera,” kata Nova. (Cw2)

BACA :  Insentif Garda Terdepan Corona Diusul Naik