Tanpa Rekening, BLT DD Malangsari Tetap Disalurkan

130

TANJUNG SARI– Bantuan Langsung Tunai  (BLT) senilai Rp 600.000 yang bersumber dari Dana Desa (DD) bagi masyarakat terdampak corona virus disease (covid-19) telah disalurkan kepada 117 keluarga kurang mampu di Desa Malangsari, Kecamatan Tanjung Sari, Kamis (21/5).

 

Penyaluran BLT tersebut seharusnya melalui rekening bank BRI, dikarenakan waktu yang sudah mendekati hari raya membuat pihak bank BRI tak sempat membuat rekining baru untuk warga. Sehingga penyalurannya atas dasar berita acara musyawarah antara Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta tokoh masyarakat.

 

Kepala Desa Malangsari Supriyadi mengatakan, Bahwa pembagian BLT itu sudah diketahui oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD). Tetapi, Dinas PMD tidak menyarankan pembagian BLT itu menggunakan berita acara namun juga tidak dapat melarangnya.

 

“Kita sudah menghubungi Dinas PMD, disitu Intinya Dinas PMD tidak menyarankan dan tidak melarang. Kita mendapat arahan dari pak camat Tanjung Sari Rahmat Hadi Wijaya katanya tidak apa tetapi menggunakan berita acara,” Ucapnya kepada Radar Lamsel usai membagikan BLT di Desa Malangsari.

BACA :  Satu Positif, Sekeluarga Dirapid Tes

 

Lanjut Supriyadi menjelaskan jika pembagian BLT di desa itu adalah yang pertama kalinya di Kecamatan Tanjung Sari dan Tanjung Bintang. Sedangkan, desa lain di dua kecamatan itu akan membagikan BLT usai lebaran.

 

“Kalau desa yang lain katanya habis lebaran, itu urusan desa masing-masing. Kalau saya karena uang sudah masuk ya kita ambil dan segera kita bagikan, setelah itu mereka akan diminta untuk tanda tangan. Itu juga sesuai dengan aturan protokol seperti yang dilihat tadi, Kapolsek ada, Camat, Sekcam, Babinkamtibmas dan Babinsa juga ikut menyaksikan. Bahkan yang tiga orang jompo yang sudah tidak bisa jalan juga sudah kita sambangi dan sudah kita serahkan langsung,” Jelasnya.

BACA :  Satu Positif, Sekeluarga Dirapid Tes

 

Meski pembagian BLT DD tahap I tanpa menggunakan rekening, namun pembagian BLT tahap II akan tetap menggunakan rekening. Desa Malangsari sendiri mendapat bagian bank BRI yang ada di Kecamatan Sidomulyo.

 

“Saya bersama Camat dan pendamping memohon untuk dialihkan ke BRI yang ada di Jatibaru Kecamatan Tanjung Bintang. Tetapi ditolak karena sudah tidak mampu lagi membuat rekening karena waktunya tinggal hari ini,” Paparnya.

 

Saat Radar Lamsel meminta keterangan kepada beberapa penerima BLT, mereka mengaku bahwa BLT yang disalurkan oleh pemerintah desa tersebut senilai Rp 600.000 tanpa adanya potongan.

 

“Dapat Rp 600 000 pak tidak kurang dan tidak lebih, saya ucapkan banyak terimakasih. Mudah-mudahan uang ini bisa bermanfaat untuk keluarga saya,” Pungkas Temu(67) salahsatu penerima BLT di Desa Malangsari.(cw1)