Taufik Basari : Polri Bisa Fokus terhadap Tindak Pidana Kekerasan Perempuan dan Anak

63
Reses Anggota Komisi III DPR-RI fraksi Nasdem Taufik Basari di Polres Pesawaran.
GEDONGTATAAN – Anggota Komisi III DPR-RI Fraksi Nasdem, Taufik Basari melaksanakan kunjungan kerja (reses,res) dalam rangka memberikan dukungan kepada anggota Polri dalam melaksanakan tugas di Gedung Pamor Persada Polres Pesawaran, Jumat (24/7).
Dalam sambutannya, Anggota Komisi III DPR-RI fraksi Nasdem, Taufik Basari mengatakan agar pihak Polri bisa segera memperbaiki dan fokus terhadap tindak pidana kekerasan perempuan dan anak.
“Saya melakukan reses di Polres Pesawaran ini, karena saya di komisi III DPR-RI sebagai pengurus seperti Polri, jaksa, hakim, mahkamah agung, KPK dan jajaran hukum yang ada di Indonesia. Saya berharap Polri ke depan bisa memperbaiki dan fokus kepada tindak pidana kekerasan terhadap perempuan dan anak,” ujar Taufik Basari.
Selain itu, ia mengatakan khususnya kepada unit PPA agar meminta perhatian kepada Kapolri supaya dapat perspektif pada kasus kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak tentang bagai mana cara penanggulangan, pencegahan, dan cara penindakannya.
“Kita di DPR-RI Komisi III selalu berkoordinasi dengan Kapolri bersama jajarannya dan saya mengingatkan kepada instansi publik untuk melakukan pencegahan yang paling efektif terhadap kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. Perannya adalah masyarakat dan harus lebih ditekankan lagi penyuluhan-penyuluhan yang dilakukan oleh unit PPA khususnya kekerasan seksual yang terjadi di setiap wilayah,” tegasnya.
Sementara itu, Kapolres Pesawaran, AKBP Vero Radmantyo mengatakan, dalam penanganan kasus pidana seperti pengungkapan narkoba dan kasus kejahatan konvensional lainnya yang dilakukan pihak Polres Pesawaran bersama jajaran 4 Polsek yang tersebar di Kabupaten Pesawaran mengalami peningkatan secara signifikan.
“Telah kita laksanakan baik langkah internal dan eksternal untuk penanganan tindak pidana mengalami peningkatan sampai dengan 60%, baik pengungkapan narkoba dan kejahatan konvensional lainnya. Ungkap kasus naik secara signifikan dan kegiatan penanganan curat dan curas banyak yang telah terungkap oleh Polres Pesawaran beserta jajaran Polsek,” ungkap Kapolres.
Kapolres melanjutkan, saat masa pandemi Covid-19 dan dalam proses tahapan Pemilukada, pihaknya selalu melakukan monitoring langsung yang bekerjasama dengan KPUD dan Bawaslu.
“Saat pandemi Covid-19 dalam proses Pemilukada akan selalu dimonitor dengan baik,  bekerjasama dengan KPUD dan Bawaslu dalam memonitoring proses Pemilukada. Selain itu, sektor ekonomi yang ada di wilayah Polsek jajaran sudah mempunyai alat penyemprotan disinfektan untuk penanganan Covid-19, meskipun saat ini terdapat beberapa orang selalu diawasi lantaran terkena virus Corona berdasarkan hasil tes swab, alhamdulillah saat ini sudah membaik dan sementara wilayah Pesawaran masih dalam zona hijau,” pungkasnya. (eggy/esn)
BACA :  Plt. Bupati Pesawaran Eriawan Ancam Pecat ASN Jika Dukung Salah Satu Calonkada