TEC: Membangun Lamsel tak Cukup dengan APBD

120
Toni Eka Candra

KALIANDA – Bakal Calon Bupati (balonbup) Lampung Selatan Toni Eka Candra (TEC) melanjutkan gerilya politik (Gerpol) nya untuk menjadi petarung yang santun di kontestasi Pilkada Lamsel 2020 mendatang.

Sinyal kuat itu tampak jelas usai dirinya menyerahkan berkas ke DPC PKB, DPD PAN dan DPD NasDem Lamsel. Politisi kawakan Golkar Lampung itu menggunakan weekwnd-nya untuk bersafari ke tiga Parpol tersebut.

TEC begitu tim pemenangannya mematenkan Toni Eka Candra, menegaskan bahwa menjadi Kepala Daerah tak perlu sampai dua kali. Ia berpandangan Lampung Selatan ini bisa maju dalam lima tahun kedepan, asalkan sumber pembangunannya tidak mengandalkan APBD semata.

“ Saya tegaskan bahwa jadi kepala daerah itu cukup sekali saja. Apalagi Lamsel punya segala potensi untuk dapat dieksplorasi. Kita lihat garis pantai di Lamsel? Itu kalau dikembangkan bisa mengalahkan Pantai Losari, saya yakin. Tetapi seharusnya kita tidak hanya terpaku pada APBD saja,” ungkapnya kepada wartawan, Sabtu (28/9) pekan lalu.

BACA :  Petaka Patwal ’oleng’, Lima Luka-luka

Sebab kata TEC, kalau Lamsel hanya terpaku pada sumber pendanaan APBD. Maka ia yakni dalam 20 tahun kedepan Lamsel masih tetap sama dengan Lamsel saat ini.

“ Kalau hanya mengandalkan DAO DAK dan PAD maka Lamsel akan sulit maju. Dibutuhkan sinergisitas dengan Pemprov dan Pusat. Saya tidak berjanji, tetapi kalau saya diberikan kesempatan, insyaallah dalam lima tahun kedepan Lampung Selatan dapat mengejar ketertinggalan dari kabupaten lain, insyaallah akan lebih makmur dan sejahtera,” ujarnya.

Masih kata TEC, dengan berbekal 30 tahun di legislatif ia yakin dapat membangun Lamsel dengan baik. Tapi ingat kata dia kalau hanya mengandalkan PAD, Lamsel akan tetap seperti Lamsel saat ini.

“ Hampir separuh hidup saya sebagai legislatif. Maka saya tegaskan pembangunan jangan hanya mengandalkan APBD, harus ada sinergisitas dengan Pemprov dan Pusat,” katanya lagi.

BACA :  Polisi Lakukan Penyelidikan

Sementara untuk menjawab keinginan masyarakat Lamsel yang ingin putra daerah Lamsel yang muncul sebagai Calon Bupati Lamsel? TEC menjawabnya dengan penuh keyakinan bahwa yang mendorong dirinya maju mencalon adalah para putra daerah itu juga sekaligus tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda.

“ Kalau ditanya seperti itu. Saya kan yang mendorong maju mencalon juga masyarakat Lamsel sendiri yang didalamnya ada tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pemuda. Dan hampir separuh hidup saya sebagai legislatif yang juga berangkat dari dapil Lampung Selatan,” tandasnya.

Sebelum meninggalkan Lamsel, TEC membeberkan beberapa keunggulan yang dimiliki Lamsel diantaranya sumberdaya energi, kehutanan, perikanan darat/laut, pariwisata dan beberapa pelabuhan dan pusat industri. (ver)