Tenaga Medis Puskesmas Jalani Rapid Test

111
Ist. Radarlamsel - Petugas medis UPT Puskesmas Rawat Jalan Kecamatan Palas mengikuti rapid diagnosist test (RDT) Covid-19, Selasa (2/6).

PALAS – Tenaga medis Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Rawat Jalan Kecamatan Palas mengikuti rapid diagnosist test (RDT) atau tes cepat Covid-19, Selasa (2/6) kemarin. Berdasarkan informasi, rapid test dengan mengambil sample darah tersebut dilakukan kepada 20 tenaga medis UPT Puskesmas Rawat Jalan.

Mereka merupakan tenaga mendis yang menangani N, warga Desa Sukaraja yang telah dinyatakan positif Covid-19. Kepala UPT Puskesmas Rawat Jalan Kecamatan Palas, Rosmeli, S.Km mengatakan rapid test tersebut dilaksanakan di UPT Puskesmas Rawat Jalan, yang diikuti seluruh tenaga medis atau sebanyak 20 orang.

“Hari kami mengikuti tes cepat RDT, sebanyak 20 tenaga medis termasuk saya. Tes cepat Covid-19 dengan mengambil sample darah ini dilaksanakan langsung UPT Puskesmas Rawat Jalan,” ujar Rosmeli memberikan keterangan, saat dihubungi Radar Lamsel.

Rosmeli menuturkan, tes cepat ini dilakukan untuk mendeteksi tenaga medis yang terpapar virus Covid-19. Sebab pada 23 Mei lalu beberap tenaga medis tersebut sempat menangani N, warga Desa Sukaraja yang telah dinyatakan Positif Covid-19.

BACA :  Realisasi PBB di Palas Masih Rendah

“Tes ini kita lakukan sebagai upaya pendeteksian apakah ada yang terpapar. Karena Pada 23 Mei kemarin,  sebelum dirujuk ke Bob Bazar N memang sempat mendapat pelayanan dari tenaga medis kita di Puskesmas. Hasil rapid test hari ini Alhamdulilah semuanya negatif,” terangnya.

BACA :  Baru Setahun Diperbaiki, Jembatan Rusak Lagi

Saat disinggung dengan kondisi N yang tengah menjalani isolasi mandiri di Desa Sukaraja, Rosmeli menerangkan, kondisi  kesehatan N hingga saat ini sudah semakin membaik.

“N terus kami pantau setiap hari, kondisinya sehat. Tadi juga saya sudah video call, dia bilang sehat tidak ada gejala sakit apapun,” terangnya.

Meski begitu, sambung Rosmeli, pihaknya belum bisa memastikan apakah keluarga N akan mendapatkan tes cepat dam swab untuk mendeteksi paparan virus Covid-19.

“Keluarga N akan di tes juga, bahkan tidak hanya rapid tes saja tapi  juga swab. Namun kami belum tahu waktunya kapan, karena yang menentukan Tim Gugus dari Kabupaten,” pungkasnya. (vid)