Tendik PAUD Harus Kreatif!

616
ILUSTRASI

KALIANDA – Penerapan cara belajar di lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) tentunya akan menuntut para tenaga pendidik (Tendik) untuk bisa lebih kreatif dan mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
Sebab, jika pembelajaran yang diberikan membuat rasa bosan anak-anak, sudah pasti suasana kelas akan menjadi tidak nyaman, dan bisa memunculkan kejenuhan bagi anak-anak itu sendiri.
Kepala Bidang (Kabid) PNFI Dinas Pendidikan Lamsel Syamsiah menuturkan, sudah sepatutnya para tendik Paud membuat suatu gagasan, dan cara baru dalam setiap pembelajaran yang akan disampaikan kepada para peserta didiknya di sekolah.
“Tujuannya agar para peserta didik bisa lebih semangat dalam setiap mengikuti pembelajaran di dalam kelas. Tendik Paud itu harus memiliki segudang kreativitas agar anak-anak tidak terus merasa jenuh,” ujar Syamsiah kepada Radar Lamsel saat ditemui, di ruang kerjanya, Selasa (25/10) kemarin.
Selain kreatif lanjut Syamsiah, tenaga pendidikan Paud juga mesti selalu terlihat semangat dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada anak-anak didiknya. Tentunya juga, harus selalu ceria dalam setiap mengajar.
“Kalau gurunya menunjukkan muka galak, bisa-bisa anak-anak malah enggan belajar. Karena kalau mengajar di Paud, para tendik Paud juga harus mampu masuk ke dalam dunia mereka (anak-anak, red),” jelasnya.
Dikataknya, pihaknya yang membidangi masalah pendidikan anak usia dini di kabupaten ini (Lamsel, red) tidak pernah henti-hentinya mengimbau para tendik Paud untuk selalu membuat cara-cara baru dalam melakukan pembelajaran, sesuai intruksi yang disampaikan.
“Dengan belajar yang menyenangkan, tentunya tidak akan mengurangi materi yang disampaikan kepada para peserta didik Paud. Justru dengan cara-cara yang membuat anak didik menjadi senang, maka akan lebih gampang diterima oleh peserta didik itu sendiri,” pungkasnya. (iwn)

BAGIKAN