Terapkan Siskeudes, APBDes-P 5 Kecamatan Dievaluasi

88
Shofyan Apriyansyah – Aparatur Desa Babatan, Kecamatan Ketibung saat mengevaluasi APBDes-P tahun 2019 di Aula Kecamatan Ketibung, menerapkan Siekeudes, Selasa (8/10).

KETIBUNG – Aparatur desa dari lima Kecamatan yakni, Kecamatan Way Panji, Sidomulyo, Candipuro, Ketibung dan Way Sulan, melakukan evaluasi Anggaran Perubahan Belanja Desa Perubahan (APBDes) tahun 2019, bersama pendamping desa dengan menerapkan aplikasi Sistem Keuangan Desa (siekeudes).

Pendamping Desa Candipuro Achmad Tarmidzi mengatakan, tujan dari kegiatan hari itu adalah, mengevaluasi APBDes-P tahun 2019 menggunakan aplikasi Siekeudes.

“ Evaluasi ABPDes-P dilakukan detail menggunakan aplikasi Siskeudes, sebelum diserahkan ke Kasi Pemerintahan di Kecamatan.” ungkapnya.

Dimana, kata Tarmidzi lagi, apabila dimungkinkan ada perubahan kegiatan fisik bukan hanya merubah Rencana Anggaran Biaya (RAB), akan tetapi harus merubah desain teknis yang kemudian di analisis dan dihitung kembali.

BACA :  Diamankan Karena Status FB, Pelaku Minta Maaf

 “ Apabila desa sudah merubah RAB dan merubah desain teknis, di Oktober tahun ini harus sudah rampung sebelum diserahkan ke tim verifikasi APBDes-P Pemkab Lamsel.” Ujarnya.

Kades Babatan Mislan Irfandi mengatakan, evaluasi APBDes-P tahun 2019 menerapkan aplikasi siekeudes dimaksudkan, agar dalam melakukan perubahan APBDes-P tahun 2019, pengelolaan laporan keuangan desa lebih transparan dan akuntabel sesuai dengan peraturan perundang undangan.

“ Dengan demikian dalam melakukan perubahan APBDes tidak ada aturan yang ditabrak, karena menerapkan Siekeudes tata kelola keungan yang transparan dan akuntabel untuk  mencegah kebocoran anggran dana desa.” Ucapnya.

BACA :  Diamankan Karena Status FB, Pelaku Minta Maaf

Karena bulan ini lanjutnya, berkas APBDes-P tahun 2019 harus sudah selesai, sebelum diserahkan ke Kasi Pemerintahan yang kemudian diserahkan kepada Tim verifikasi APBDes-Perubahan Kabupaten Lampung Selatan, terlebih dahulu kami evaluasi.

 “ Di bulan ini, secepatnya penyusunan APBDes-P harus selesai, sehingga dapat langsung di verifikasi oleh Pemkab Lamsel. Sehingga fokus program kegiatan pembangunan desa tahun ini bisa berjalan baik.” Pungkasnya.

Kegiatan yang terpusat Aula Kecamatan Ketibung itu, dihadiri oleh Tim evaluasi APBDes-P tahun 2019 Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lampung Selatan, Camat Ketibung Hendra Jaya, aparatur desa dan pendamping desa dari lima Kecamatan.(CW2)