Terima Bantuan Al-qur’an dari Radar Lamsel dan Salai Tabuan

794
Randi Pratama – Ketua Salai Tabuan Muslim Pranata (kanan) didampingi Pemimpin Redaksi Radar Lamsel Edy Setiawan, S.Sos (kiri) menyerahkan bantuan Al Qur’an dan uang tunai kepada Saniman yang didampingi Kepala Desa Hatta Temunggung Lekok, Sabtu (11/11) lalu.

BAKAUHENI – Judul berita “Ayo Sumbang Al-qur’an Agar Saniman Tetap Mengajar!” yang diterbitkan Harian Radar Lamsel edisi kamis, 9 november lalu membuat komunitas motor classic dan custom “Salai Tabuan” tersentuh. Sabtu (11/11) lalu, bersama koran harian ini, Salai Tabuan sepakat untuk membantu dan mengganti seluruh Al-quran yang rusak akibat musibah yang menimpa Saniman.

Saniman (45), warga Dusun IV, Desa Hatta, adalah seorang guru mengaji dilingkungannya. Rumahnya terbuat dari kayu berdinding geribik dengan luas 5×7 meter persegi berlantaikan semen. Dirumah ini, Terdapat sekitar 30-an anak yang belajar mengaji setiap ba’da maghrib. “Sejak rumah tersambar petir selasa dini hari (7/11) lalu, saya tidak dapat mengajar karena selain rumah sedang diperbaiki, puluhan kitab AL-qur’an dan buku-buku Iqro rusak dan tidak dapat dipergunakan lagi,” terang Saniman sesaat setelah menerima kunjungan Radar Lamsel dan Salai Tabuan.

Saniman menerima bantuan berisi seratusan kitab yang terdiri dari Al-qur’an besar, Terjemahan, Juz’amma dan buku-buku Iqro, tikar dan uang tunai dengan didampingi oleh Kepala Desa Hatta Tumenggung Lekok.

BACA :  Pelanggaran Etik di Lima Kecamatan

Dihadapan Radar Lamsel dan Salai Tabuan, Tumenggung Lekok mewakili warga masyarakat dan Saniman mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Radar Lamsel dan Salai Tabuan. Kemudian, Ia menjelaskan kondisi desa, masyarakatnya termasuk keseharian Saniman. “Saat ini, warga dusun IV secara swadaya telah membangun musholla. Jika sudah finishing (selesai-red), direncanakan, Saniman nantinya akan mengajar dimusholla tersebut,” ujar Tumenggung Lekok sembari menunjukkan musholla yang jaraknya kurang lebih 100 meter dari kediaman Saniman.

Ketua Salai Tabuan Muslim Pranata yang didampingi Pemimpin Redaksi Radar Lamsel Edy Setiawan bersama puluhan anggota komunitas motor ini mengaku ide untuk membantu Saniman setelah membaca berita ajakan dari harian Radar Lamsel. “Kami baca berita, setelah berdiskusi dengan Pimrednya, disepakati bahwa beliau (Saniman-red) wajib untuk dibantu,” terang Muslim yang juga merupakan Kabiro koran Lampung News Paper ini.

BACA :  Pasien Covid-19 Tambah Tujuh Orang

“Kami langsung mencetuskan ide dan mengumpulkan dana dari anggota klub untuk memberikan bantuan sebagai tanda kepedulian dan rasa simpatik kami. Meski hanya seadanya, kami harap bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh bapak Saniman,” kata Muslim yang diamini oleh Edy.

Setelah menerima bantuan tersebut, Saniman berjanji akan memanfaatkan bantuan yang ia terima dengan sebaik-baiknya, salah satunya memanfaatkan Al Qur’an untuk keperluan mengajari anak-anak mengaji.

Saniman  mengatakan, bahwa dirinya akan mendistribusikan bantuan Al Qur’an tersebut ke tempat ibadah di dusun itu. “Selain digunakan untuk mengajar mengaji, rencana saya Al Qur’an dari teman-teman Radar Lamsel dan Salai Tabuan juga akan saya taruh di mushola. Supaya bisa dibaca warga untuk tadarusan di musholla,” katanya. (rnd)