Teruntuk Kepsek, Thomas: Disiplin Harga Mati

54
Iwan – Plt. Kadisdik Thomas Amrico berpesan kepada K3S untuk tetap berdisiplin dan berinovasi (13/2)

KALIANDA – Kedisiplinan serta berinovasi, merupakan modal utama yang harus dimiliki oleh para kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan serta memajukan sekolah. Oleh karena itu, seorang kepala sekolah harus bisa menjadi panutan bagi semua warga di sekolah yang dipimpin.

Itu ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lampung Selatan Thomas Americo, saat memberikan pengarahan kepada para kepala SD dan SMP se-Kecamatan Kalianda, pada acara Musrenbang tingkat kecamatan, di SDN Agom Kalianda, Kamis (13/2) kemarin.

Dikatakannya, kepala sekolah merupakan orang yang berperan penting dalam memajukan mutu pendidikan khususnya disekolah yang dipimpin. Oleh sebab itu, kepala sekolah harus selalu memberikan contoh yang baik terhadap guru maupun peserta didik (murid, red).

BACA :  Dinkes Pastikan Keaktifan Bidan TKS Pulau Sebuku

“Saya tidak akan pernah bosan untuk selalu mengingatkan para kepala sekolah agar menamankan kedisiplinan kerja, serta berinovasi untuk menuju sekolah yang lebih baik lagi. Banyak cara yang bisa dilakukan para kepala sekolah untuk kemajuan serta peningkatan mutu sekolah, baik itu dibidang akademik maupun non akademik,” kata Thomas Americo.

Menurut Thomas, kedisiplinan itu mudah diucapkan, tetapi sulit untuk diterapkan. “Buat saya pribadi, disiplin adalah harga mati,” ucapnya.

Kedisiplinan, lanjutnya, mencakup berbagai hal. Tidak hanya disiplin dalam tingkat kehadiran di sekolah. Akan tetapi, disiplin dalam melaksanakan tugas dengan kewajiban juga tidak kalah penting. “Buat apa kalau hanya disiplin masuk kerja saja. Tetapi itu harus diimbangi, kalau hanya masuk tepat waktu pulang juga tepat waktu percuma saja. Pekerjaan juga harus diselesaikan tepat waktu. Akan lebih baik lagi jika pekerjaan bisa selesai sebelum waktunya,” ungkapnya.

BACA :  Isi Kepala Bakal Calon Pemimpin Diuji

Thomas juga menambahkan, pihaknya tidak akan segan-segan memberikan sanksi tegas kepada para kepsek yang tidak disiplin. “Menjadi kepala sekolah itu tidaklah mudah, banyak tantangan serta mampu melakukan hal-hal yang terbaik. Tentu semua ada konsekuensinya. Kalau memang rajin dan pintar dalam mengelola sekolah, maka secara otomatis pasti akan ada penghargaan yang bakal didapat,” pungkasnya. (iwn)

BAGIKAN