Tes Tertulis 4 Calon Kades PAW Sebesi Dilaksanakan Rabu Mendatang

174
Ilustrasi Tes Tertulis

RAJABASA – Jadwal tes tertulis dan pembobotan calon kepala desa pergantian antar waktu (Kades PAW) Desa Tejang Pulau Sebesi, Kecamatan Rajabasa akan dilaksanakan pada Rabu (10/7) mendatang. Tes tersebut sebagai ajang seleksi bagi 4 calon kades PAW desa tersebut. Pasalnya, yang berhak maju dalam pemilihan hanya boleh diikuti oleh 3 calon.

          Kasi Pemerintahan Kecamatan Rajabasa Sugeng mengatakan, pihaknya dan panitia di desa sudah mempersiapkan untuk tes tersebut. Sugeng melanjutkan, usai menjalani tes tertulis dan pembobotan, panitia desa akan langsung mengumumkan siapa saja calon yang berhak melaju ke pemilihan.

          “Dari ters itu otomatis akan gugur 1 calon, karena hasilnya langsung kita umumkan,” kata Sugeng saat dihubungi Radar Lamsel, Minggu (7/7) kemarin.

BACA :  Gelembung Udara Selat Sunda Bagian Aktivitas GAK

          Setelah pengumuman, Pemerintah Kecamatan Rajabasa dan panitia pemilihan akan menymapaikan hasilnya kepada bagian Otonomi Daerah (Otda) Kabupaten Lampung Selatan. Kemudian, Otda akan menyampaikan hasil tersebut kepada Plt. Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto.

          “Ya, kita tinggal menunggu surat keputusan (SK) penetapan calon dari bapak Plt. Bupati. Artinya ketiga calon tersebut berhak dan sah untuk mengikuti pemilihan,” katanya.

          Lebih jauh, Sugeng mengatakan bahwa pekerjaan pemerintah kecamatan dan panitia desa selanjutnya mempersiapkan daftar nama pemilih. Setelah itu, waktu pemilihan baru diumumkan kepada calon dan masyarakat Desa Tejang Pulau Sebesi.

BACA :  Ikut Serta Melawan Covid-19

          Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kecamatan Rajabasa telah menerima 4 nama calon kepala desa pergantian antar waktu (Kades PAW) Desa Tejang Pulau Sebesi. Mereka adalah Sahroni, Sarmani, Miftahudin, dan Syamsiar. Nama terakhir yang disebut cukup menarik banyak perhatian, sebab, saat ini Syamsiar masih berstatus sebagai sekretaris desa (Sekdes) setempat.

          Tetapi, dari 4 calon tersebut, 1 diantara mereka harus digugurkan. Sebab, pilkades PAW maksimal diikuti oleh 3 calon. Jadi, keempatnya harus melakoni tes pembobotan oleh bagian Otonomi Daerah (Otda) Kabupaten Lampung Selatan. Dari tes itu, Otda akan menentukan 3 calon terbaik yang berhak mengikuti pemilihan kades PAW. (rnd)