Tiga Kasus Baru Positif Covid-19

50
Ilustrasi

13 Pasien Ditemukan dalam Sepekan

 

KALIANDA – Kasus baru pasien terkonfirmasi positif covid-19 bertambah tiga orang, Minggu (27/8) kemarin. Dalam sepekan terakhir, tercatat sebayak 13 kasus baru yang terjadi di Kabupeten Lampung Selatan.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Lamsel, dr. Jimmy B. Hutapea, MARS menyatakan, pekan ini menjadi catatan tertinggi penularan kasus covid-19 di wilayah kerjanya. Sehingga, total pasien positif terpapar virus corana saat ini mencapai 66 orang.

“Ya, ada kenaikan jumlah kasus dalam waktu sepekan ini. Sebanyak 13 kasus baru kita temukan dalam waktu tujuh hari terakhir,” kata Jimmy saat diwawancara via pesan whatshapp, Minggu (27/9) kemarin.

BACA :  Apresiasi, Separo Lebih Dewan Menolak

Pemerintah, imbuhnya, tidak bisa bekerja sendirian dalam menyelesaikan wabah tersebut. Dia mengajak, seluruh elemen turut bertanggungjawab atas tingginya angka penularan yang terjadi dalam sepekan terakhir.

“Ini tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah dan seluruh masyarakat Lamsel harus komitmen dan disiplin tinggi untuk mematuhi protokol kesehatan. Terbitnya Perbup Lamsel No. 38 tahun 2020 tentang pedoman adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman dari Covid-19 harus bisa diterapkan dengan baik dan penuh tanggung jawab,” tambahnya.

Disamping itu, pihaknya bakal melakukan berbagai tindakan preventif dalam mencegah penyebaran virus corona. Salah satunya, dengan memperketat pintu masuk dan keluar Pelabuhan Bakauheni berikut Bandara Raden Intan.

BACA :  Lamsel Berkabung, RIP Darol

“Tentunya, kami akan melibatkan seruruh satgas di kabupaten ini. Kami juga menekankan, seluruh satgas baik itu di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan untuk bisa proaktif melaksanakan tugasnya,” pungkasnya.

Seperti diketahui, tiga kasus yang baru ditemukan adalah pasien nomor 64 laki-laki berinisial A (56), nomor 65 perempuan S (50) dan pasien nomor 66 laki-laki Y (18). Ketiganya merupakan kasus baru yang melakukan kontak erat (keluarga’red) dari pasien nomor 39 warga Kecamatan Tanjung Bintang. (idh)