Tiga Kecamatan Gelar Safari Jum’at

740
Veridial – Camat Katibung Hendra Jaya S.Sos mengadakan safari jum’at di Desa Neglasari Kecamatan Katibung, Jum’at (31/3).

KATIBUNG – Kegiatan safari Jum’at mulai digalakkan oleh Pemerintah Kecamatan dari desa ke desa. Selain menumbuhkan kekompakan, safari Jum’at digunakan sebagai momentum merefleksi diri di akhir pekan.

Di Kecamatan Katibung misalnya. Selain menularkan kewajiban sholat subuh dua kali dalam sepekan bergiliran di tiap-tiap desa, safari Jum’at kembali bergulir tujuannya untuk memperkokoh dan meng-infuencer masyarakat desa terkait visi dan misi pemerintah untuk menggembleng sumberdaya manusia di desa-desa.

Camat Katibung Hendra Jaya, S.Sos mengatakan, Safari Jum’at ini sudah bergulir kedua kalinya. Sebab, tahun sebelumnya Katibung juga aktif menggalakkan kegiatan ini di desa-desa. “Sebelum Sholat Jum’at untuk desa yang mendapat giliran, juga melakukan kegiatan gotong-royong dengan masyarakat,” kata Hendra kepada Radar Lamsel, Jum’at (31/3).

BACA :  Rawan Berstatus Zona Merah

Selain itu penugasan ustadz yang lolos seleksi untuk melakukan tugas sebagai penggerak masjid yang ada ditiap-tiap desa juga mulai dikonsep. Dari 12 desa yang ada di Katibung masing-masing desa sudah menyiapkan mu’allim.

“Untuk subuh berjama’ah juga kami bergilir menyisir desa-desa yang ada di Katibung, tiga kali dalam sepekan yakni Senin, Selasa dan Kamis,” ujar mantan Camat Way Sulan itu.

Sementara di Sidomulyo Safari Jum’at juga mulai diterapkan untuk mempererat hubungan masyarakat dengan pemerintah agar sejalan dengan visi – misi Pemkab Lamsel sejauh ini.

Camat Sidomulyo Affendi SE, menekankan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan. Terlebih situasi jelang Pilkades yang sebentar lagi akan bergulir. “Kondusifitas jelang Pilkades tetap harus kita jaga, jangan sampai timbul perpecahan sesama masyarakat desa,” kata  Affendi.

BACA :  Desember, Polres Lamsel Pindah ke Markas Baru

Tak mau kalah dengan kekompakan Katibung dan Sidomulyo, Kecamatan Candipuro juga menggelar aksi serupa. Selain rutin melakukan gotong-royong safari jum’at juga berlangsung di kecamatan setempat.

“Ini bukan semata-mata sosialisasi, lebih dari itu tujuan utama dari ibadah berjama’ah adalah untuk merefleksi diri dari rutinitas selama sepeka,” ujar Camat Candipuro Wasidi SE.

Informasi yang dihimpun Radar Lamsel tiga Kecamatan itu masing-masing akan melakukan Pilkades. Katibung empat desa, sementara Sidomulyo tiga desa dan Candipuro dua desa. Tiap-tiap desa memiliki potensi mengganggu harmonisasi terkait Pilkades yang akan berlangsung Mei mendatang. (ver)