Tiga Orang Positif Corona saat New Normal

54

TANJUNG BINTANG – Mengendurnya persepsi masyarakat terkait penyebaran wabah Corona Virus Disease (Covid-19) di era new normal mesti diganjar dengan bertambahnya pasien positif covid-19, Selasa (29/9).

Sebelumnya, Kecamatan Tanjung Bintang dinilai sukses dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19. Sebab, sejak awal pandemi Kecamatan itu masih dinyatakan zero. Baru-baru ini, di Kecamatan tersebut sudah ada tiga pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Oleh sebab itu, Kepala Unit Pelaksanaan Teknis (KUPT) Puskesmas Rawat Inap (PRI) Tanjung Bintang, Darmawan menghimbau untuk memperketat kembali penerapan protokol kesehatan dan pelaku perjalanan, terutama di desa-desa.

“Sekarang udah nggak kaya dulu, pelaku perjalanan itu selalu terpantau. Sekarang di new normal ini justru mulai memudar. Untuk itu, pelaku perjalanan dipantau lagi, untuk yang dari zona merah melakukan rapid test di Puskesmas,” Ucapnya.

BACA :  Tiga Paslon Deklarasi Kampanye Damai!

Dia menjelaskan, sebelumnya pasien pertama Covid-19 di Kecamatan itu merupakan pegawai di RS Imanuel dan diketahui terkonfirmasi dari hasil tracing dari RS tersebut.

“Itu satu keluarga yang positif, berdasarkan tracing dari Imanuel, anaknya. Diakan sering bolak-balik kerumah, kita tracing keluarganya. Saat itu hasilnya reaktif, kita isolasi 14 hari. Setelah itu kita swab hasilnya positif,” Kata dia.

Disisi lain, Camat Tanjung Bintang, Hendri Hatta juga menghimbau untuk mengaktifkan kembali satgas Covid-19 di desa. Sebab, dengan adanya satgas di desa bisa membantu pemerintah kecamatan dan kabupaten dalam melakukan pencegahan penyebaran.

BACA :  Pasien Covid-19 Bertambah 4

“Kalau di desa awalnya namanya relawan kalau di Kecamatan gugus tugas, sekarang kita bentuk kembali satgas di kecamatan dan desa-desa. Karena dengan adanya satgas ini bisa membantu pemerintah kecamatan dan kabupaten menangani Covid-19,” Ungkapnya.

Dengan terbentuknya satgas melalui surat edaran menteri dalam negeri itu, dia berharap Kecamatan yang di nahkodai olehnya itu bisa terbebas dari Covid-19. “Harapannya dengan adanya satgas ini, Covid-19 di Lampung Selatan bisa tuntas dan kembali bisa menjadi zona hijau,” Tuturnya.(cw1)