Tim Medis Covid-19 Butuh APD !

124
Ketua DPRD Kabupaten Pesawaran M Nasir S.I.Kom.,MM didampingi Wakil Bupati Pesawaran Eriawan saat mengunjungi tim para medis di salah satu Puskesmas di Kecamatan Gedongtataan, Kamis (4/1).
GEDONGTATAAN – Sebagai garda terdepan melayani masyarakat, tim para medis yang bertugas di sejumlah Puskesmas yang ada di Kecamatan Gedongtataan masih menggunakan jas hujan sebagai Alat Pelindung Diri (APD) dalam menjalankan tugas menangani Virus Corona atau Covid-19.
Hal ini mendapatkan respon langsung dari Ketua DPRD Kabupaten Pesawaran, M Nasir S.I.kom.,MM saat memimpin bakti sosial ke 5 dengan didampingi Wakil Bupati Pesawaran, Eriawan dan Kader PDI Perjuangan Kabupaten Pesawaran di sejumlah Puskesmas dan Rumah Sakit Swasta di Kecamatan Gedongtataan, Kamis (02/4).
Ketua DPRD Kabupaten Pesawaran, M Nasir S.Ikom MM mengatakan, setelah berkeliling dan mengunjungi tim para medis yang bertugas, kenyataan dari kondisi di lapangan sangat memprihatinkan, karena belum adanya APD yang memenuhi standar untuk para tim para medis saat menjalankan tugas mereka menangani langsung pasien Virus Corona atau Covid-19.
“Sangat memprihatinkan sekali kondisinya, padahal saya sudah sampaikan pada rapat gugus tugas penanganan Virus Corona atau Covid-19 kemarin, karena banyak keluhan yang saya dengar, makanya saya langsung berkeliling untuk memastikan keadaan di lapangan,” ujar M Nasir
Selaku Ketua DPRD Kabupaten Pesawaran, M Nasir menyayangkan keterlambatan penanganan dari pemerintah daerah dalam pencegahan Virus Corona atau Covid-19 karena masker yang belum mencukupi kebutuhan untuk tim para medis dan alat tester yang belum ada di sejumlah Puskesmas.
“Jangankan untuk APD, masker saja masih kurang dan tester pun belum ada. Saya sudah mendatangi 4 Puskesmas hari ini, sangat memprihatikan sekali yang merupakan Puskesmas tipe A saja belum ada alat tester,” tuturnya.
Selain itu, M Nasir meminta Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran cepat tanggap untuk menangani kekurangan APD, ruang isolasi yang memenuhi standar dan sarana lainnya untuk memenuhi kebutuhan tim para medis yang bertugas dalam pencegahan Virus Corona atau Covid-19.
“Saya meminta Kepala Dinas Kesehatan cepat menanggapi kekurangan ini, kalau tidak nanti akan segera kami panggil untuk hearing. Kapan lagi untuk memenuhinya, kasihan para tenaga medis kita tidak dilindungi peralatan yang tidak standar ini apalagi Gedongtataan ini merupakan tempat singgah bukan hanya orang Pesawaran saja,” tegasnya.
Dilain pihak, perwakilan dari tim para medis, Novita Ika Dewi, S.Kep.,M.Kes mengharapkan pemerintah daerah memperhatikan tim medis dengan menyediakan APD yang lengkap dan memenuhi standar karena memang menjadi kebutuhan dari tim para medis dalam melayani masyarakat terkait penanganan Virus Corona atau Covid-19.
“Khususnya di Gedongtataan, saya berharap segera diberikan karena merupakan kebutuhan. Kami mohon perhatiannya dan segera diberikan APD-nya untuk kami, karena saat ini kami menggunakan alat ala kadarnya dengan usaha kami secara mandiri membeli keperluan semua ini. Jika tidak ada APD standar, maka kami beresiko terpapar virus,” tandasnya. (eggy/esn)
BACA :  Jelang Pilkada, Disdukcapil Jebol Seluruh Kecamatan