Tim ZaiN Laporkan Ketidaknetralan Camat

958

KALIANDA – Tim pemenangan pasangan calon nomor urut 3 H. Zainudin Hasan – Nanang Ermanto (ZaiN) melaporkan indikasi ketidaknetralan aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Lampung Selatan ke Panwas Pilkada Lamsel, kemarin.
Pihak yang dilaporkan adalah Camat Sidomulyo Samsul Jauhari yang terindikasi cendrung mendukung pasangan calon nomor urut 2 yaitu H. Rycko Menoza, SZP – H. Eki Setyanto (Ko-Ki) pada pilkada Lamsel.
Laporan itu disampaikan lantaran Tim Pemenangan ZaiN mengidentifikasi beberapa tindakan Camat Sidomulyo Samsul Jauhari yang dinilai melebihi batas kewajaran sebagai seorang abdi negara.
Diantaranya menguntit pasangan ZaiN saat menggelar kampanye dialogis di Kecamatan Sidomulyo pada Minggu (22/11) malam. Mulai dari Desa Suak, Desa Siring Jaha, Desa Kota Dalam dan Desa Talang Baru.
Tim pemenangan ZaiN juga mengklarifikasi mengenai tuduhan statment calon Bupati Lamsel H. Zainudin Hasan yang akan melukai Camat Sidomulyo Samsul Jauhari. “Tidak benar ada kata-kata itu (memecah kepala Camat). Yang benar itu kampanye kami dibuntuti secara diam-diam oleh camat. Selanjutnya tim mengamankan Camat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Leaison Officer (LO) ZaiN Agus Bhakti Nugroho (ABN) kepada Radar Lamsel di Kantor Panwas Pilkada Lamsel, kemarin.
Menurut ABN, pasangan ZaiN tak pernah risih dan terusik dalam setiap kampanye yang digelar. Baik oleh Panwas Pilkada dan jajarannya maupun Camat. Sebab, apa yang dilakukan ZaiN dalam kampanyenya tidak pernah menjelek-jelekan calon lain.“Tapi kalau diuntit ya kesannya bagaimana gitu. Ya, anda bisa rasakan sendiri lah kalau diuntit itu bagaimana?,” kata ABN lagi.
Karena tindakan Camat yang membuntuti dan menguntit kampanye ZaiN itu, Tim Pemenangan memutuskan untuk melaporkan tindakan itu kepada Panwas Pilkada. Tim pemenangan menilai tindakan Camat Sidomulyo Samsul Jauhari terindikasi ketidaknetralan aparatur sipil negara (ASN). “Kalau kapasitasnya sebagai Camat, seharusnya datang secara terang-terangan. Bukan diam-diam masuk didalam kerumunan masyarakat,” sesal ABN.
Tak hanya itu, Camat Sidomulyo Samsul Jauhari juga diindikasikan telah mengumpulkan para kepala dusun (Kadus) di tempat pelaksanaan kampanye dialogis ZaiN sebelum pelaksanaan kampanye dimulai. “Laporan ini kami terima dari tim. Dikumpulkan Kadus sebelum kami hadir dibeberapa titik di Sidomulyo,” ungkap ABN.
ABN mengaku tim pemenangan ZaiN juga akan menembuskan laporan itu ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Tim ZaiN berharap netralitas ASN dalam pilkada Lamsel benar-benar terjaga.
Ketua Panwas Pilkada Lamsel Sahbudin Usman langsung menerima laporan itu. Tim pemenangan akhirnya diproses untuk dimintai keterangan yang dituangkan dalam berita acara laporan. “Kami akan tindaklanjuti,” ungkap Sahbudin singkat.
Sementara itu, Camat Sidomulyo Samsul Jauhari belum dapat dimintai keterangannya mengenai hal ini. Dihubungi Radar Lamsel melalui sambungan teleponnya dalam kondisi tidak aktif. (edw)