Tingkatkan Infrastruktur Pertanian

459

PALAS – Wilayah Kecamatan Palas merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Lampung Selatan yang memiliki potensi pertanian yang cukup luas dan menjadi lumbung padi di kabupaten ini.

Atas potensi yang dimiliki itu, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia Pending  Dadih Permana menyebutkan, perlu adanya peningkatan infrastruktur pertanian dan sarana perairan diwilayah itu. Itu diungkapkan Pending  Dadih Permana saat menghadiri penen raya padi di Desa Pulaujaya, Kecamatan Palas, Jumat (2/11) lalu.

“Untuk memanfaatkan potensi ini perlu adanya peningkatan infrastruktur seperti peralatan dan sarana perairan untuk meningkatkan hasil produksi. Dan juga harus memperkuat kelebagaan pertanian,” kata Pending  Dadih Permana.

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian RI ini menyebutkan, dengan tingginya potensi pertanian yang ada menjadikan Kecamatan Palas sebagai lumbung pangan Lampung Selatan. Bahkan  menjadikan Provinsi Lampung sebagai salah satu provinsi penyokong kedaulatan pangan Nasional.

BACA :  Disiplin Kesehatan di Pasar Jadi Sasaran

“Perlu diketahui, Lampung masuk 11 Provinsi yang mendukung kedualatan pangan Nasional. Dengan prestasi tersebut tentunya pemerintah pusat akan selalu mendukung dan mendampingi pertanian di Lampung Selatan,”paparnya.

Lebih lanjut, Pending menjelaskan, petani jangan hanya berperan sebagai pembudidaya tanaman saja. Namun juga harus mampu menjadi pengusaha tani yang bisa meningkatkan usaha mereka.

“Petani tidak hanya berperan sebagai pembudidaya yang kerjanya hanya bercocok tanam. Tetapi harus bisa menjadi pengusaha tani dengan meningkatkan kelembagaan petani. Jadikan kelompok tani sebagai badan usaha dengan memanfaatkan bantuan yang mereka terima,” tuturnya.

BACA :  Pasal Sampah, Pengurus Pasar jadi Cibiran

Sementara itu, anggota DPR RI Komisi IV Sudin, S.E menjelaskan, untuk menjaga kestabilan harga padi pada saat penen raya petani harus mampu mengolah hasil produksi mereka sendiri.

“Dalam waktu dekat akan diberikan bantun mesin pengilingan padi bagi Gapoktan yang sudah mapan untuk meningkatkan harga jual dan pemerintah juga akan bekerjasama dengan Bulog,” kata Sudin.

Sementara Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengharapan dengan adanya bantuan peralatan pertanian dari pemerintah pusat dapat meningkat kesejahteraan petani.  “Dengan bantuan alat-alat pertanian dari pusat dapat meningkatkan kesejahteraan petani di Lampung Selatan khususnya petani,” tutupnya. (vid)