Tingkatkan Kedisiplinan

954

SIDOMULYO – Peraturan mewajibkan pakai helm bagi pengendara sepeda motor ini diberlakukan dikalang sekolah baik saat berangkat maupun saat pulang sekolah, siswa bahkan guru diwajibkan memakai helm agar terhindar dari hal-hal buruk yang dapat terjadi saat berkendara.
Menurut Hidayatullah, M.Pd, Kepala Sekolah SMAN1 Sidomulyo menegaskan, peraturan yang sudah berjalan selama setahun terakhir ini diberlakukan kepada siswa agar aman saat berkendara dan bila mana terjadi kecelakaan dijalan, helm amat berguna melindungi kepala.
“Untuk meningkatkan kedisiplinan bagi murid yang membawa sepeda motor ke sekolah kita wajibkan pakai helm. Sudah setahun terakhir kita berlakukan, dan hasilnya berjalan dengan baik. Siswa pun menaati peraturan yang kita buat,” katanya.
Memang terlihat sepele sambungnya, namun kita tak mau ambil resiko. Selain untuk mematuhi peraturan berlalu lintas pihak sekolah juga peduli kepada siswa, “mulai dari siswa datang kesekolah hingga pulang sekolah wajib pakai helm, gurunya pun kita wajibkan karena guru contoh bagi semua murid,” kata dia kepada Radar Lamsel, (19/3).
Senada yang dikatakan Kepsek, Waka bidang Hubungan Masyarakat (Humas) SMAN1 Sidomulyo, Edi Sasono, S.Pd, mengatakan, memang semua siswa diwajibkan memakai helm karena ini menyangkut keselamatan dalam berkendara.
“Kita wajibkan pakai helm bagi siswa yang menggunakan sepeda motor ke sekolah, apalagi bagi siswa kelas XII yang akan menghadapi Ujian Sekolah (US) Selasa (21/3) . Apalagi bagi yang sebentar lagi menghadapi ujian, sangat rentan dan membahayakan jika tidak pakai helm,” ujar dia.
Dari pantauan Radar Lamsel, memang terlihat satpam sekolah menegur siswa yang tidak pakai helm saat akan keluar dari lingkungan sekolah. Tidak hanya menegur dia juga memasangkan helm bagi siswa yang membawa helm namun enggan memakainya.
“ Kita akan tegur bila perlu kita pasangkan, karena dahulu pernah terjadi siswa kita kecelakaan hingga meninggal dunia, karena tidak memakai helm. Kita tidak mau hal seperti itu terulang lagi kepada siswa SMAN1 Sidomulyo,” ujar Eko Susanto, satpam sekolah tersebut. (Cw3)

BACA :  KPK Panggil Ulang Sekda