Tingkatkan Populasi Dengan Pelayanan Gangrep

211
dok.UPT Puskeswan – Pelayanan ganrep yang dilakukan oleh UPT Puskeswan Kecamatan Palas – Sragi, di Desa Bumirestu Jumat (3/5) pekan kemarin.

PALAS – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Hewan Kecamatan Palas – Sragi terus berupaya meningkatkan populasi hewan ternak sapi yang ada di wilayah Kecamatan Palas.

          Peningkatan jumlah populasi ternak sapi ini dibuktikan dengan pelayanan ganguan reproduksi (Gangrep) yang menjadi kendala lambannya peenigkatan pulasi ternak sapi di wilayah Palas.

          Kepala UPT Puskeswan Kecamatan Palas – Sragi, Wardi mengatakan, pelayanan gangrep ini sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah populasi ternak sapi di wilayah kecamatan palas.

          “Pada tahun ini kami menggercarkan memberikan pelayanan  gangrep sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah populasi ternak sapi yang ada di Kecamatan Palas,” kata Wardi kepada Radar Lamsel, Kamis (9/5).

BACA :  Ternak Babi Off Pasca Serangan ASF

          Wardi menerangkan, saat ini jumlah populasi ternak sapi yang ada di Kecamatan Palas mencapai 2.700 ekor. Dengan adanya pelayanan gangrep ditargetkan ini jumlah populasi akan meningkat sebanyak 10 persen pada tahun ini.

          “Pelayanan gangrep ini untuk menangani sapi yang mengalami ganguan reproduksi. Seperti sapi yang terlambat birahi atau ganguan rahim dengan kita berikan suntuk hormon. Hingga saat ini sudah ada 75 ekor sapi yang kita berikan pelayanan,” terangnya.

BACA :  Sengketa Pasar Dikuasakan ke Ormas

          Dalam menigkatkan jumlah populasi ternak ini,  Wardi mengharapkan kepada kelompok ternak jga lebih aktif dalam mengamati perkembangan reproduksi ternaksapi.

          “Gangguan reproduksi ini menjadi salah satu penghambat peningkatan populasi. Maka dari itu kami harapkan setiap kelompok ternak sapi bisa lebih aktif memberikan laporan jika ada ganguan reproduksi supaya bisa segera kami tangani,” harapnya. (vid)