Tingkatkan SDM Pegawai

844
Diskominfo Lamsel – Bupati Lampung Selatan H. Zainudin Hasan bersama Rektor UBL Dr. Ir. M. Yusuf Sulfarano Barusman, M.B.A., melakukan penandatanganan Memorandum of Undestanding (MoU), di Aula Krakatau Kantor Bupati Lamsel, Kamis (22/12) kemarin.

Pemkab dan UBL Teken MoU

KALIANDA – Peningkatan sumber daya manusia (SDM) para pegawai aparatur sipil negara (ASN) menjadi salah satu fokus Bupati Lampung Selatan H. Zainudin Hasan dalam memimpin Bumi Khagom Mufakat ini.

Itu dibuktikan dengan penandatanganan Memorandum of Undestanding (MoU) dengan Universitas Bandar Lampung (UBL) yang berlangsung di Aula Krakatau Kantor Bupati Lamsel, Kamis (22/12) kemarin.

Hadir langsung Rektor UBL Dr. Ir. M. Yusuf Sulfarano Barusman, M.B.A., dalam penandatangan kesepakatan kerjasama tersebut.

Menurut Zainudin, UBL merupakan salah satu universitas berkelas di Provinsi Lampung. Bahkan UBL pernah menjadi universitas terbaik dan mencetak lulusan yang berkualitas.

Pemkab Lamsel akan mendorong para pegawai lulusan S1 agar bisa meningkatkan pendidikannya bahkan ke jenjang yang lebih tinggi agar menimba ilmu di UBL.

“Kita ingin kerjasama yang pernah ada ditingkatkan lagi. Agar para pegawai ASN bisa mengembangkan diri dan berkarier lebih baik lagi. Dengan MoU ini, artinya kemampuan yang telah mereka peroleh dari UBL bisa dimanfaatkan di kabupaten ini,”ujar Zainudin saat diwawancarai wartawan usai kegiatan.

BACA :  KPU Pastikan Pilkada Serentak 9 Desember 2020

Putra kelahiran Desa Pisang Kecamatan Penengahan ini menambahkan, pemkab bakal memberikan beasiswa kepada para pegawai yang memiliki prestasi saat menimba ilmu di UBL.

“Ini pendidikan untuk jenjang S2 dan S3. Jadi, buat apa kita memberikan beasiswa. Mereka sudah memiliki gaji. Tetapi, kalau mereka berprestasi dalam MoU sudah disebutkan akan ada beasiswa sebagian. Bahkan, Pemkab siap memberikan reward apabila menjadi lulusan terbaik,”imbuhnya.

Sementara itu, Rektor UBL M. Yusuf sangat berterimakasih kepada Bupati Zainudin Hasan atas respon cepat dalam membuat MoU tersebut.

BACA :  Satu Lagi Positif, Empat Lainnya Sembuh

Dia menjelaskan, UBL sendiri memiliki program beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi. Bahkan, beasiswa yang bakal diberikan mencapai 100 persen atau gratis biaya perkuliahan hingga S2.

“Program beasiswa setiap tahunnya selalu ada. Dengan kerjasama ini, tentunya akan lebih baik lagi koordinasi dengan pemerintah. Terlebih, dengan adanya izin dari Bupati bagi pegawai yang kuliah bisa membantu daerahnya setelah lulus,”terang M. Yusuf.

Disamping beasiswa perkuliahan, lanjutnya, UBL juga bakal memberdayakan mahasiswa yang memang memiliki potensi dan prestasi. “Bahkan, kita akan libatkan dalam projek-projek besar. Karena, UBL sering menjadi konsultan dalam hal pembangunan,”pungkasnya.

Untuk diketahui, nota kesepahaman yang ditandatangani antaranya di lingkup pendidikan, pelatihan, serta pengembangan. Sperti bidang sumber daya manusia, bidang ketekhnikan, lingkungan hidup, bidang pengabdian kepada masyarakat, serta bidang pendidikan dan pelatihan. (idh)