Tongkat Komando Danbrigif 4 Marinis/BS Diserahterimakan

261
Foto Edy - Tongkat Komando Brigade Infanteri 4 Marinir/BS Lampung diserahterimakan dari Kolonel Marinir Ahmad Fajar kepada Kolonel Marinir Nawawi, S.E., M.M. yang dilaksanakan dalam suatu upacara militer di Lapangan Apel Brigif 4 Marinir/BS, Kamis (13/2).
PADANGCERMIN – Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) memimpin langsung acara serah terima jabatan Komandan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS Lampung dari Kolonel Marinir Ahmad Fajar kepada Kolonel Marinir Nawawi, S.E., M.M. yang dilaksanakan dalam suatu upacara militer di Lapangan Apel Brigif 4 Marinir/BS Piabung, Kecamatan Padang Cermin, Pesawaran, Kamis (13/03).
Upacara sertijab tersebut diikuti oleh 4 Satuan Setingkat Batalyon (SSY) dari kesatuan-kesatuan di jajaran Brigif 4 Marinir/BS yang terdiri dari Batalyon Infanteri 7 Marinir (Lampung), Batalyon Infanteri 8  (Pangkalan Brandan ), Batalyon Infanteri 10 Marinir (Batam ). Bertindak sebagai Komandan Upacara (Danup) adalah Letkol Marinir Alim Firdaus yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri 10 Marinir.
Kolonel Marinir Nawawi, S.E., M.M., pria kelahiran Malang  Jawa Timur merupakan lulusan AAL Angkatan 1996. Selama meniti karir di Korps Marinir, Kolonel Marinir Nawawi, S.E., M.M., pernah menjabat sebagai Danki C Yonif 8 Mar, Danyonif 6 Mar Pasmar-1, Pasops Brigif 2 Mar, Danpusdikif Kodikmar, Asops Pasmar 2, Asops pasmar 1  dan Sahli Pang F Binkuatmar koarmada I. Sedangkan Kolonel Marinir Ahmad Fajar selanjutnya akan menjabat sebagai Asops Komandan Korps Marinir.
Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) dalam amanatnya mengatakan, bahwa
serah terima jabatan merupakan proses pembinaan personel dan regenerasi kepemimpinan yang berkesinambungan dalam suatu manajemen organisasi. Brigif 4 Mar/BS sebagai komando pelaksana Korps Marinir harus mampu merespon dengan cepat tugas-tugas Korps Marinir sebagai Kotama Operasi TNI dan Kotama Pembinaan TNI AL sebagaimana yang diamanatkan oleh Perpres No.66 tahun 2019 dan perpang TNI No.49 tahun 2019. Implementasi pelaksanaan tugas tersebut, menuntut Korps Marinir menyiapkan satuan dengan kemampuan ekspedisioner dan multirole yaitu satuan dengan kesiap-siagaan yang tinggi dan selalu siap dideploy keseluruh wilayah baik dalam negeri maupun luar negeri dalam mengemban dan melaksanakan setiap tugas baik OMP maupun OMSP.
“Untuk itu, agar jajaran Brigif 4 Mar/BS senantiasa memelihara dan meningkatkan kemampuan profesionalisme prajurit petarung yang memiliki integritas, berjiwa saptamargais, religius dan humanis,” ujar Dankormar.
Selain itu, Dankormar meminta agar jajaran Brigif 4 Marinir/BS dapat selalu memelihara dan meningkatkan sinergitas dan soliditas dengan satuan TNI, Polri dan aparatur pemerintahan daerah. Serta membina hubungan yang baik dengan masyarakat dan selalu menghormati norma-norma adat, budaya dan kearifan lokal setempat.
“Kehadiran prajurit Brigif 4 Mar/BS harus dapat membantu mewujudkan visi rakyat lampung bersama, aman, berbudaya, maju, berdaya saing dan sejahtera. Saya sangat mengapresiasi dan merasa bangga serta mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit Brigif 4 Mar/BS yang telah melaksanakan tugas dengan baik,” tutur Dankormar.
Selanjutnya Dankormar mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kolonel Marinir Ahmad Fajar atas dharma bhakti yang tulus didalam memimpin dan memajukan Brigif 4 Mar/BS.
“Selamat bertugas dan semoga sukses di jabatan yang baru sebagai Asops Dankormar. Dan kepada ibu Etti Ahmad Fajar saya ucapkan terima kasih atas dorongan semangat dan kesetiaannya mendampingi suami selama mengemban jabatan Danbrigif 4 Mar/BS serta atas segala jerih payah dan pengabdian ibu dalam memimpin organisasi Jalasenastri Cabang 7 gabungan Jalasenastri Korps Marinir,” ungkapnya.
Dankormar juga mengucapkan selamat kepada Kolonel Marinir Nawawi,S.E., M.M., yang telah diberi kepercayaan dan kehormatan oleh Korps Marinir sebagai Komandan Brigif 4 Marinir/BS yang baru. Dengan bekal pengalaman penugasan yang dimiliki, Dankormar berharap agar Kolonel Nawawi akan mampu memimpin Brigif 4 Marinir/BS ke arah yang lebih baik.
“Kepada seluruh prajurit Brigif 4 Mar/BS, saya perintahkan agar memberikan kemampuan terbaiknya guna mendukung Kolonel Marinir Nawawi,S.E., M.M. sebagai Komandan Brigif 4 Mar/BS dalam mengemban amanah dan kepercayaan sehingga setiap tugas yang diberikan dapat terlaksana dengan baik dan tuntas,” tegas Dankormar.
Diketahui, pada waktu yang bersamaan juga di laksanakan serah terima jabatan Ketua Cabang 7 Jalasenastri Korps Marinir dari Ny. Etty Ahmad fajar kepada Ny hening Nawawi yang di pimpin ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir di ruang Jalasenastri Brigif 4 Mar/BS.
Acara serah terima jabatan Danbrigif 4 Mar/BS walapun dalam kondisi cuaca hujan upacara tetap di laksanakan  sampai dengan selesai yang di lanjutkan dengan atraksi demo karate dan berjalan dengan aman dan lancar. Selesai acara serah terima jabatan Danbrigif 4 Mar/BS dan Ketua Cabang 7 Jalasenastri di lanjutkan dengan ramah tamah dan acara tradisi pelepasan Danbrigif  4 Mar/BS lama dan penyambutan Danbrigif 4 Mar/BS baru.
Turut hadir dalam upacara tersebut Gubernur Lampung diwakilkan Sekda Prov. Lampung, Letjen TNI (Mar) R.M. Trusono, Wakapolda Lampung, Kabinda Lampung, Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi P, Danpasmar 2, Wadanpasmar 3, Danrem 043 Gatam, Danlanal Lampung, Danlanud M. Bunyamin, para pejabat teras jajaran Korps Marinir dan unsur Forkopimda Provinsi Lampung. (Esn)