Total Baru 12 Desa ODF di Palas

258
David Zulkarnain - Jajaran Perangkat Desa Mekarmulya, Sukamulya, Pulautengah, dan Palaspasemah pada saat deklarasi ODF di aula Kantor Kecamatan Palas, Senin (28/1).

PALAS – Tim verifikasi desa Open Defication Free (ODF) Dinas Kesehatan Provinsi Lampung kembali mendeklarasikan empat desa di Kecamatan Palas sebagai desa berpredikat ODF, Senin (28/1).

Empat desa yang mendeklarasikan diri sebagai desa bebas buang air besar atau ODF adalah Desa Mekarmulya, Sukamulya, Palas Pesemah dan Pulautengah.

Ketua tim verifikasi desa ODF Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Bertha Sitepu mengatakan, keempat desa tersebut dinyatakan mendapat predikat ODF setelah melalui tahap verifikasi.

“Setelah melalui tahap verifikasi di lapangan, semuanya sudah clear.  Tidak ada lagi keluarga yang belum memiliki jamban di empat desa itu,” ujar Bertha Sitepu.

Bertha menerangkan, ODF ini menjadi suksesi Kepala Desa (Kades) dan pemerintah kecamatan. Untuk itu, ia mengharapkan predikat ODF ini dapat dipertahan oleh perangkat desa.

BACA :  Aparat Desa Sukaraja Mogok Kerja

“Status predikat ODF ini harus dijaga. Bukan hanya itu saja, namun juga pada pilar STBM yang lain untuk mencapai desa yang sehat,”ujarnya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Rawat Jalan Kecamatan Palas Bambang Priyanto mengatakan, diraih predikat ODF di empat desa tersebut setelah melalui tahap verifikas yang dilakukan Tim Verifikasi desa ODF Provinsi Lampung.

“Tim verifikasi menyambangi setiap rumah yang masuk kedalam program ODF tahun 2018. Untuk jumlahnya, Desa Pulautengah sebanyak 46 rumah, Palaspesemah 19, Mekarmulya 166, Sukamulya 81 rumah,” terangnya.

Bambang menerangkan, untuk mencapai predikat ODF bukanlah hal yang mudah. Untuk itu, desa diharapakan dapat menjaga predikat ODF yang telah diraih serta tetap menjaga kesehatan lingkungan desa.

BACA :  Tak Diteken BPD, APBDes Tetap Bisa Diajukan

“Mendapat predikat ODF ini bukanlah hal mudah. Membutuhkan kekompakan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat dalam menjaga lingkungan sehat. Maka dari itu predikat ODF ini harus bisa dipertahankan,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Palas Rika Wati, S.STP, MM mengungukapkan, dengan di dekalarasikan empat desa  tersebut, jumlah desa yang telah mendapat predikat ODF di Kecamatan Palas bertambah menjadi 12 Desa.

“Dari 21 desa, saat ini di Palas desa yang telah mendapat predikat ODF menjadi 12 desa. Kami juga mengharapakan kepada kepada desa yang belum ODF untuk segera diselesaikan sehingga target Kecamatan Palas untuk medapat perdikat ODF di tahun 2019 bisa tercapai,” pungkasnya. (vid)