Trimulyo Terpilih Sebagai Desa PATBM

251
Rifky - Kades Trimulyo Sugito saat menyampaikan sambutannya usai ditetapkan sebagai Desa PATBM di Balai Desa Trimulyo, Senin (30/9).

TANJUNG BINTANG– Sudah berjalan selama satu bulan, akhirnya Desa Trimulyo, Kecamatan Tanjung Bintang membentuk kader Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM).

Kader-kader PATBM dibentuk guna mengarahkan serta mengawasi peranan orangtua dalam mendidik buah hatinya dengan baik.

Menurut Ketua Yayasan Pembinaan Sosial Katolik Purna Adi Swasna mengatakan, ada empat desa yang terbentuk PATBM di Kabupaten Lampung Selatan, Desa Trimulyo Kecamatan Tanjung Bintang, Desa Wawasan dan Sidomukti Kecamatan Tanjung Sari dan Desa Purwotani Kecamatan Jatiagung.

“Pemerintah menggandeng beberapa lembaga untuk melaksanakan program pemerintah untuk melaksanakan PATBM,” ujar dia saat ditemui Radar Lamsel di Balai Desa Trimulyo, Senin (30/9).

BACA :  Sekdes Mundur, Gantinya Mantan Ketua BPD

Purna mengatakan, ada empat gerakan dalam membina anak yang wajib dilakukan dalam membina anak, yakni hak hidup, hak tumbuh, hak perlindungan, serta hak partisipasi. “Oleh karena itu, sebagai orangtua kita harus bisa menerap kan keempat itu dalam berperan mendidik anak,” kata Purna.

Sementara itu, Kepala Desa Trimulyo Sugito mengatakan bahwa di desa itu sendiri sudah ada program parenting yang dilaksanakan oleh ibu-ibu. “Program itu dilaksanakan oleh ibu-ibu, seperti memperhatikan gizi pada anak, membelajri anak dengan berbagai kerajinan dan mengajarkan anak membuat tanaman hias,” tutur Sugito.

BACA :  Demi Sibuah Hati: ’Mahmud’ Single jadi Supir Truk

Orang nomor satu di Desa Trimulyo juga berpendapat jika pola asuh di desa itu sudah terarah, dia juga berharap dengan adanya program PATBM ini pola asuh anak bisa semakin terarah dan dapat mengembangkan kreatifitas pada anak.

“Pola asuh di desa kami sebenarnya sudah terarah, para orangtua juga sudah tahu jika ada pasal perlindungan anak, harapan kami anak-anak di desa kami bisa menjadi anak yang berbakti serta mempunyai kreatifitas yang tinggi,” papar dia. (CW1)