Tugu Pengantin Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

292
Foto Egy - Tugu pengantin yang merupakan salah satu ikon Kabupaten Pesawaran memberikan manfaat ekonomi terhadap warga setempat.
GEDONGTATAAN – Tugu Pengantin yang merupakan salah satu ikon Kabupaten Pesawaran yang terletak di pertigaan Desa Gedong Tataan, Kecamatan Gedong Tataan, tepatnya di jalan Ahmad Yani memberikan manfaat ekonomi terhadap warga setempat.
Banyaknya pengunjung yang berdatangan dari warga setempat maupun warga dari luar daerah Pesawaran yang datang dimanfaatkan warga setempat untuk meningkatkan perekonomian bagi warga setempat. Hal ini di ungkapkan oleh Apri salah satu warga setempat saat berjualan tidak jauh dari tugu pengantin.
“Semenjak adanya tugu dan taman itu sekarang, yang tadi nya orang sungkan bersantai disitu sekarang menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai. Orang dari luar daerah juga ramai datang untuk bersantai atau berswafoto di situ jadi saya memanfaatkan kesempatan untuk berjualan didekat tugu pengantin yang kini sudah ramai pengunjung” ujarnya, kemarin.
Menurutnya, masyarakat setempat sangat membutuhkan tempat untuk bersantai dan tempat rekreasi untuk mengisi waktu luang.
“Sebenarnya orang tataan ini perlu tempat seperti ini, meskipun sudah ada taman seperti di sidototo masyarakat ingin menikmati tempat bersantai dan tempat hiburan untuk berwisata kuliner ataupun hanya untuk berswafoto,” tambahnya.
Hal serupa di ungkapkan oleh Wawan warga dari Kabupaten Pringsewu yang sedang bersantai bersama keluarga saat melakukan perjalanan untuk sekedar melepaskan lelah. Namun dirinya menyayangkan tidak adanya lahan untuk parkir  dan pedagang kaki lima yang menggunakan bahu jalan untuk berjualan.
“Sebenarnya saya senang berjalan-jalan dan santai disini, pedagang juga banyak jadi bisa jajan dan biasanya disini pedagang penuh apalagi kalau malam minggu ada acara disini. Tapi disayangkan lahan parkir dan para pedagang ini juga menutupi bahu jalan. Kalau bisa sih dikasih tempat untuk berjualan dan tempat parkir jadi kelihatanya tidak semrawut,” ujar wawan.
Disisi lain, saat hujan lebat, wilayah sekitar tugu pengantin menjadi tempat genangan air yang cukup menganggu pejalan kaki maupun para pengendara di sekitaran tugu pengantin karena drainase yang kurang baik. Selain itu, disekitar tugu pengantin juga terdapat fasilitas umum seperti tempat duduk dihalte yang kurang terawat. (cw2/esn)
BACA :  Calon Bupati Incumbent Terima Surat Tugas Partai Demokrat