Tukin ASN Kemenag Bakal Naik 70 Persen

8576

KALIANDA – Tunjangan Kinerja (Tukin) Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama (Kemenag) Lampung Selatan diproyeksi naik menjadi 70 persen tahun 2019.

Alasannya, pada tahun 2018 hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Inspektorat membuahkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada Kemenag Lamsel.

Kepala Kantor Kemenag Wilayah Lamsel Juanda Naim menuturkan proses pengajuan kenaikan Tukin tersebut merupakan reward atau penghargaan terhadap prestasi yang ditorehkan. Kemungkinan kata dia baru akan dinaikan tahun 2019.

“Bentuk penghargaan terhadap kinerja ASN Kemenag mudah-mudahan tahun depan insyallah bisa naik 70 persen tunjangan kinerjanya saat ini baru 60 persen,” kata Juanda kepada Radar Lamsel usai audiensi dengan Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto, Rabu (12/9) kemarin.

Terkait keterlamabatan pembayaran Tukin Kemenag sejak awal Juni lalu, Juanda mengklaim tidak mengganggu kinerja ASN Kemenag yang ada di kabupaten ini. Pasalnya, dari awal tahun penganggaran selalu dianggarkan.

BACA :  74 Club Sepak Bola Ramaikan  Turnamen Nanang Ermanto Cup

“Tiap bulan dibayarkan sudah include dengan gaji karena memang sudah ada anggarannya, jadi untuk Lamsel inysallah tidak ada masalah,” kata Juanda.

Orang nomor satu di Kemenag Lamsel itu menerangkan dalam Tukin Kemenag ASN terdiri dari beberapa grid sampai grid tertinggi yakni grid 15 Kanwil. Sayangnya Juanda tak menjabarkan secara detil nominal bila Tukin dinaikan tahun depan sebesar 70 persen.

“ Jadi macam-macam ada yang grid 5, grid 6, grid 7 sampai grid tertinggi di Kanwil yakni grid 15. Tiap tahun dan tiap bulan itu rutin dibayarkan, kita sudah cek daftar isi pengguna anggaran (Dipa) dan itu cukup untuk ASN Kemenag,” ungkapnya.

Terkait audiensi, Juanda menuturkan Kemenag ingin bersinergi dengan Pemkab dalam pembangunan bina mental dan aspek lainnya di kabupaten ini.

BACA :  Video Camat Bakauheni Tunggu Kajian Bawaslu

“ Kami konsen mendorong Pemkab terhadap KUA, Madrasah ataupun aspek lain. Mudah-mudahan dengan awal silaturahmi ini bisa lebih intens komunikasi dengan pemerintah,” imbuhnya.

Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto menyatakan komitmennya untuk mendukung pelaksanaan program kerja Kanwil Kemenag Lamsel. Menurut dia, bina mental menjadi prioritas program kerja Pemkab Lamsel.

“Mesti ada sinergisitas yang baik antar keduabelah pihak terutama bina mental, sebab bidang keagamaan juga menjadi prioritas Pemkab,” kata Nanang.

Audiensi itu menghasilkan beberapa evaluasi diantaranya terkait pendidikan, aset hingga pengelolaan madrasah yang tersebar di Lampung Selatan. Usai tatap muka dengan Kemenag, Nanang juga menerima audiensi DPD LDII Lampung Selatan diruang kerjanya. (ver)

BAGIKAN