UAS BN Jadi Penentu Kelulusan SMA/SMK

766

KALIANDA – Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UAS BN) akan menjadi penentu kelulusan bagi para murid SMK dan SMA yang akan menjalani ujian pada Maret mendatang. Soal penentu kelulusan ini akan dibentuk secara langsung oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan pusat.

Ketua MKKS SMK Lampung Selatan Drs. Harminto, M.Si membenarkan bahwa UAS BN memang menjadi penentu bagi siswa dalam kelulusan. Harminto meminta siswa harus lebih rajin dalam melaksanan setiap kegiatan belajar di sekolah maupun diluar sekolah.

Hal ini dilakukan supaya para siswa dapat memahami soal ujian yang akan dihadapi. Pasalnya, mata pelajaran yang akan diuji kepada siswa akan dibuat oleh MKKS dan pusat yang tak mungkin bocor. “Yang membuat soalnya itu kita, MKKS 75 sampai 80 persen, dan pusat sebanyak 20 – 25 persen. Jadi ini real ujian,” katanya kepada Radar Lamsel saat ditemui dirunag kerjanya, Rabu (14/3) kemarin.

BACA :  Alat Rontgen RSUD Bob Bazar Rusak

Harminto melanjutkan, meski UAS BN menjadi faktor kelulusan, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang memuat mata pelajaran bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika dan teori kejujuran ini tetap akan dijalankan pada April mendatang. Sebab, data nilai dari hasil UNBK akan dipergunakan untuk kepentingan bagi sekolah.

BACA :  Karangan Bunga Berujung Prasangka

“Karena hasilnya akan dijadikan sebagai pemataan mutu sekolah, yang nantinya akan digunakan untuk penerimaan berbagai bantuan yang diberikan dari pemerintah,” lanjutnya.

Lebih jauh Harminto menjelaskan, pada ujian tahun ini, dipastikan tidak ada lagi sekolah SMK yang melaksanakan UN secara manual dengan menggunakan sistem Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP). “Semua sekolah secara resmi menggunakan komputer,” pungkasnya.

Informasinya, peserta UN SMK akan diikuti sebanyak 5.225 siswa yang terdiri dari 45 SMK se-Kabupaten Lampung Selatan. Dengan rincian sebanyak 9 SMK Negeri dan 36 SMK swasta. (rnd)

BAGIKAN