Undang Pelancong Wisata Luar Daerah

762
Kepala Disparbud Lamsel Hj. Fauziah Arief, SH

Even Festival Rajabasa Terus Disiapkan,  Kujungan Wisata 2016 Capai 500 ribu Orang

KALIANDA – Pemkab Lampung Selatan berekpektasi penuh terhadap gelaran Festival Rajabasa 2017 yang akan digelar pada 9 – 19 Mei mendatang.

Utamanya terkait target kunjungan para pelancong wisata domestik dalam even tersebut. Untuk mewujudkan itu Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparsebud) Lamsel bahkan mengaku telah berkoordinasi dengan sejumlah satuan kerja (satker) Pariwisata di pulau Jawa untuk sama-sama ikut mensosialisasikan gelaran Festival Rajabasa diwilayah mereka. Diantaranya Kota Bandung, Cimahi, dan Purwakarta.

Kepala Disparsebud Lamsel Hj. Fauziah Arief berharap hasil koordinasi itu bisa mendatangkan wisatawan domestik dari daerah tersebut untuk bisa ikut menyaksikan dan meramaikan kekayaan budaya dan potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Lamsel.

Demikian diungkapkan Kadisparbud Lamsel Hj. Fauziah Ariaf, dalam rapat pemantapan Festival Rajabasa yang berlangsung di ruang rapat asisten Bidang Pemerintahan Setdakab Lamsel, Rabu (3/5), kemarin.

BACA :  Saat Rapid Tes 5 Reaktif, Setalah Swab 4 Negatif

“Kita sudah berkoordinasi. Mereka (para tamu wisatawan, red) sudah mengkonfirmasi untuk hadir menyaksikan acara Festival Rajabasa yang sebentar lagi akan digelar,” ujar Fauziah Arief.

Fauziah menuturkan, untuk suskesnya acara tersebut, Disparbud terus mempersiapkan kegiatan. Termasuk menyiapkan sejumlah lokasi yang akan digunakan untuk mengelar serangkaian acara dalam rangka memeriahkan even budaya daerah Lampung Selatan.

Untuk lokasi ajang pemilihan Muli Mekhanai akan mengambil lokasi di Rumah Adat Lampung depan Dishub Lamsel. Kemudian lomba perahu jukung dan perahu hias lokasi yang akan digunakan adalah di pantai Kunjir, Kecamatan Rajabasa. “Sedangkan untuk acara puncaknya akan dilaksanakan di kawasan wisata kuliner dermaga bom, Kalianda,” terangnya.

Diungkapkannya, persiapan yang telah dilakukan Disparbud Lamsel untuk memeriahkan acara Festival Rajabasa ini sudah hampir mencapai final. “Alhamdulilah, persiapan yang kami lakukan sudah hampir final. Bahkan untuk menghadirkan para dewan juri khusus lomba muli mekhanai, itu sudah kami koordinasikan sejak dua bulan lalu,” ungkapnya.

BACA :  KPK Tahan Hermansyah Hamidi

Sementara itu Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Ir. Erlan Murdiantono mengatakan, even Festival Rajabasa yang rutin digelar setiap tahun oleh Pemkab Lamsel menjadi momen penting bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke kabupaten gerbang krakatau ini.

Menurutnya, pada tahun 2016 lalu jumlah kunjungan wisatawan ke kabupaten Lamsel mengalami peningkatan yang angkanya mencapai kurang lebih 500 ribu pengujung atau sekitar 34 persen (data survei Disparbud Lamsel, red), jika dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Kita semua pastinya berharap even Festival Rajabasa yang diselenggarakan setiap tahun, ini bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk terus mengunjungi kabupaten Lamsel yang kaya dengan potensi wisata pantai,” harapnya. (iwn)