Upah Minimum Pesawaran Setara UMP Lampung

614

GEDONGTATAAN – Besaran ketetapan upah minimum di Kabupaten Pesawaran saat ini masih sama dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) Lampung yakni sebesar Rp 2.074.673. Hal ini terjadi akibat di kabupaten setempat belum terdapat dewan pengupahan.

“Kalau untuk tahun depan, masih dibahas. Kita tidak ada Upah Minimum Kota (UMK), karena kita belum ada dewan pengupahan,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pesawaran, Heksus, Rabu (17/10).

Dijelaskanya, ketika nantinya UMP Lampung ditetapkan oleh Gubernur Lampung, maka pihaknya akan segera membuat surat edaran untuk disampaikan kepada seluruh perusahaan yang ada di Pesawaran.

“Biasanya Desember nanti sudah ditetapkan provinsi. Dan ketika sudah resmi ditetapkan dan ada surat edaran dari provinsi, kita langsung sosialisasikan ke seluruh perusahaan,” terangnya.

BACA :  PAN - NasDem Tetap Solid Dukung M Nasir

Menurut mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesawaran ini, setiap bulan pihaknya melakukan monitoring terhadap seluruh perusahaan untuk memastikan apakah perusahaan melaksanakan keputusan yang telah ditetapkan tersebut.

“Kita setiap bulan melakukan monitoring. Kalau ada perusahaan yang melanggar, kita akan berikan pembinaan,” imbuhnya.

Lebih jauh Heksus menambahkan, jika penerapan upah di lapangan tidak sesuai dengan UMP yang telah ditetapkan,  tentunya akan menimbulkan konflik internal di suatu perusahaan. Tentunya akan merugikan para buruh yang menggantungkan hidup mereka di perusahaan tempat mereka bekerja.

BACA :  Masyarakat Pulau Pahawang Lepas Dari Kegelapan

“Kalau ada konflik internal di perusahaan, dampaknya juga dipelaku usaha itu sendiri. Kita juga bisa menjadi mediator kalau ada konflik berkaitan dengan hak-hak pekerja. Dan akan kita rekomendasikan ke provinsi, karena yang berhak memberikan sanksi yakni dari provinsi,” tandasnya.

Diketahui, Upah Minimum Provinsi (UMP) Lampung tahun 2019 diprediksi sekitar Rp.2.241.269,24,-. Namun finalnya tetap menjadi keputusan Gubernur. Angka ini didapat dari besaran UMP Lampung tahun ini yakni sebesar Rp.2.074.673,- dikalikan pertumbuhan ekonomi nasional dan inflasi nasional sebesar 8,03 persen maka ditemukan hasil Rp.2.241.269,24. (Rus)