UPSK Lampung Jaring 114 Disabilitas di Tanjung Bintang

103
Ilustrasi Penyandang Disabilitas

TANJUNG BINTANG – Tim Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) Lampung, telah menjaring 114 disabilitas. Mereka diantaranya disabilitas fisik sebanyak 38 orang, disabilitas rungu wicara 27 orang, disabilitas intelektual atau mental 42 orang dan disabilitas netra 7 orang.

86 orang penyebab disabilitas sebagian besar sejak lahir, sedangkan 9 orang akibat kecelakaan, dan 19 orang akibat dari sakit. Para penyandang tersebar di 22 Desa se Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan. Demikian disampaikan Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Lampung, Ratna Fitriani dalam pengantar kata Sarasehan Sosial, di Tanjung Bintang, Jumat (5/7).

BACA :  Wisata Gunung Batu Ditanami 4.000 Pohon

Selanjutnya dikatakan Ratna Fitriani bahwa tindak lanjut dari hasil deteksi dini,  tindak lanjut atau rujukan ke sekolah luar biasa 14 orang, pendampingan keluarga 16 orang dan pendidikan vocasional 2 orang.

Untuk kebutuhan alat bantu mobilitas, Fitri menguraikan bahwa 6 orang memerlukan kursi roda, alat bantu dengar 27 orang,  kruk ketiak 6 orang,  tongkat penuntun 3 orang. “Tim UPSK juga merekomendasikan bantuan tangan palsu untuk 3 orang dan kaki palsu 1 orang, “ jelas Ratna Fitriani.

Sedangkan lanjutnya yang akan dilakukan tindakan operasi celah langit-langit sebanyak 1 orang dan daun telinga 1 orang. “Khusus operasi ini dirujuk ke Yayasan Citra Baru Lampung,” pungkasnya.

BACA :  Waspada Corona PRI Tanjungbintang Pasang Imbauan

Ditempat yang sama Camat Tanjung Bintang Hendri Hatta mengimbau pada masyarakat untuk bersabar menunggu tindakan lanjutan hasil temuan ini.
“Selanjutnya kami serahkan kepada Dinsos Provinsi Lampung untuk memberi pelayanan terbaik kepada warga kami,” katanya.

Ia berharap tidak hanya sekedar pendataan, tetapi benar-benar diberikan solusi agar bisa disembuhkan ataupun dicarikan solusi terbaiknya. “Kalaupun sulit untuk disembuhkan, minimal temen-temen disabilitas bisa dicarikan jatidirinya,” pungkas Hendri. (Kms)

BAGIKAN