UPT Puskesmas Hanura Lakukan Deteksi Dini Resiko Penyakit

133
UPT Puskesmas Hanura memberikan pelayanan kesehatan bagi warga untuk mendeteksi resiko penyakit sejak dini.

TELUK PANDAN – UPT Puskesmas Hanura memberikan pelayanan kesehatan terhadap warga Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatam Teluk Pandan dalam upaya untuk mendeteksi resiko penyakit sejak dini.

Kepala UPT Puskesmas Hanura, Nazlina Mayanti, S.KM.,M.Kes mengatakan, pelayanan pemeriksaan kesehatan bagi warga Desa Sukajaya Lempasing saat pelaksaan Musrenbang tingkat kecamatan diberikan kepada warga yang ingin melalukan pemeriksaan kesehatan.
“Pelayanan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan kadar gula, kolesterol, asam urat, tekanan darah, berat badan, lingkar perut, tinggi badan, berat badan, serta pemeriksaan kadar Co2 di dalam paru-paru dan darah,” ujar Yanti, sapaan akrab Nazlina Mayanti, kemarin.
Yanti mengatakan, pelayanan pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan untuk melakukan deteksi dini terhadap resiko penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan penyakit paru-paru.
“Kegiatan ini juga untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor resiko,” ungkapnya.
Yanti menambahkan, bagi masyarakat dalam kondisi sehat telah dilakukan pemeriksaan, maka pihak puskesmas memberikan penyuluhan agara masyarakat dapat menghindar dari resiko penyakit.
“Salah satu tujuan kegiatan ini juga untuk mengontrol dan menjaga kesehatan secara optimal dengan upaya preventiv seperti penyuluhan dan kuratif melalui sistem rujukan ke Puskesmas,” tandasnya. (esn)