Wacanakan Eks Pasar Lama Jadi Tempat Kuliner

817
Idho Mai Saputra – Kepala Dinas Perdagangan dan UKM Drs. H. Edy Firnandi, M.Si., bersama Camat Kalianda Erdiansyah, SH., MM., meninjau aset bersejarah eks Pasar Lama Kalianda, kemarin.

KALIANDA – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kecamatan Kalianda untuk memanfaatkan sejumlah aset bersejarah yang selama ini dibiarkan terbengkalai.

Selain gedung pertemuan Ngandan Rasan, aset tanah eks Pasar Lama yang berada di wilayah Lingkungan II Kelurahan Kalianda juga dibidik Camat Kalianda Erdiansyah, SH., MM., untuk dikelola menjadi lokasi yang bermanfaat.

Untuk diketahui, lokasi tersebut merupakan pusat perbelanjaan masyarakat Kalianda sebelum dibangunnya Pasar Inpres. Namun, setelah Tahun 90’an kawasan tersebut mulai ditinggalkan para pedagang yang diminta untuk mengisi Pasar Inpres.

“Pokoknya, tahun 2000an sudah benar-benar kosong tempat ini. Karena pedagangnya sudah pindah. Mubazir, tempatnya sekarang ini tidak bermanfaat,” kata Kepala Lingkungan II M. Salim disela peninjauan lokasi yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perdagangan dan UKM Drs. H. Edy Firnandi, M.Si., kemarin.

BACA :  Akhir Stimulus Listrik, PLN Tunggu Pusat 

Camat Kalianda Erdiansyah mengatakan, pihaknya akan mengajukan konsep kepada Pemkab Lamsel untuk memanfaatkan lokasi tersebut. Misalnya, untuk dijadikan pusat kuliner malam hari yang memang cukup strategis.

Karena, lokasinya menghadap ke bibir pantai yang membuat kawasan tersebut terlihat lebih menarik. “Ya, nanti akan kita rapatkan bersama jajaran pemkab. Mudah-mudahan, rencana ini bisa diterima,”ungkap Erdi.

Dia menambahkan, lokasi pasar lama yang memeliki luas sekitar 1.500 meter persegi ini merupakan tempat yang sangat bersejarah. Karena, berbagai kebutuhan pokok pada era setelah kemerdekaan hanya bisa didapatkan di pasar tersebut.

BACA :  Tahun Depan Sungai di Lampung Restoking Ikan

“Sangat disayangkan kalau tempat ini dibiarkan terbengkalai. Kami akan terus berkoordinasi dengan dinas terkait supaya bisa dijadikan tempat yang lebih bermanfaat,”tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan UKM Edy Firnandi menegaskan, pihaknya sependapat dengan apa yang direncanakan oleh Camat Kalianda. Namun, hal tersebut harus melalui rapat bersama leading sektor terkait.

“Kita harus membuat konsep secara matang agar lokasi yang akan dibangun bisa memiliki banyak manfaat. Khususnya bagi masyarakat sekitar. Karena memang Pak Bupati menginginkan berbagai program yang dilakukan satker bisa menyentuh masyarakat,”pungkasnya. (idh)