Warga Harapkan Penampungan Sampah

208
David Zulkarnain – Lingkungan pemukiman masyarakat Dusun Kualajaya, Desa Bandaragung, Kecamatan Sragi yang kotor lantaran tidak ada tempat penampungan samapah, Minggu (20/1).

SRAGI – Warga Dusun Kualajaya, Desa Bandaragung, Kecamatan Sragi mengharapkan adanya tempat penampungan sampah di lingkungan setempat.

Tidak adanya tempat penampungan sampah dilingkungan tersebut membuat warga setempat membuang sampah sembarangan hingga menyebabkan lingkungan terlihat kotor dan kumuh.

Sanusi (46), warga setempat mengatakan, tidak adanya tempat penampungan sampah membuat warga  terpakasa membuang sampah dilingkungan rumah mereka yang mengakibatkan lingkungan setempat menjadi terlihat kotor dan kumuh.

“Ya jadi keluhan, karena tidak ada tempat penampungan sampah. Akibatnya, warga buang sampahnya di sekitar rumah yang dapat menjadi sumber penyakit,” kata Sanusi kepada Radar Lamsel, Mingggu (20/1).

BACA :  Sempat Diobservasi, ODP Asal Sragi Negatif Covid-19

Lebih lanjut Sanusi menerangkan, tidak adanya tempat penampungan sampah dilingkungan itu sehingga pada saat air laut pasang, sampah-sampah tersebut akan berserakan di pemukiman warga karena terbawa air.

“Terlebih saat air laut pasang, sampah akan terbawa air dan berserakan di pemukiman warga. Harapan kami pemerintah desa dapat membangun tempat penampung sampah,” ujarnya.

Kepala Dusun Kualajaya Saripudin mengamini persoalan yang ada dilingkungan masyarakat. Menurutnya, keadaan tersebut sudah bertahun-tahun terjadi diwilayah tersebut.

“Sudah lama seperti ini, bahkan sudah dianggap terbiasa dengan kondisi seperti ini. Tapi sebetulnya kami merasa tidak nyaman dengan lingkungan yang tidak sehat seperti ini,” paparnya.

BACA :  Harapkan Ada Satgas tiap Desa

           Selain masalah sampah, yang menjadi masalah di dusun tersebut yaitu saluran sanitasi yang belum tertata rapih. Maka dari itu, Saripudin mengharapkan kepada instansi kesehatan di Kecamatan Sragi dapat memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

“Harapan kami bisa dibangun tempat penampungan sampah. Selain kepada pemerintah desa, kami juga mengharapkan kepada Instansi kesehatan yang ada di Sragi bisa memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar bisa menjaga lingkungan yang bersih,” harapnya. (vid)