Warga Keluhkan Saldo Kosong di Rekening BPNT

139
ILUSTRASI

NATAR – Sejumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau program sembako di Desa Tanjung Sari dan Hajimena mempertanyakan tidak adanya saldo didalam rekening yang mereka miliki.

Nurjanah (40) salah seorang KPM mengaku ada dua bulan saldo khusus Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di rekeningnya kosong yakni April dan Mei sementara Januari dan Februari ada. “Ya pihak desa juga belum tahu kenapa bisa kosong, kami jadinya bingung,” ucapnya.

BACA :  Dua Perusahaan Berbagi CSR di Banjarnegeri

Ia berharap dalam waktu dekat ada kejelasan terkait kosongnya saldo tersebut sebab setahu dirinya belum ada pencabutan atau pengeluaran dirinya dari penerima bantuan. “Kabarnya bukan cuma hajimena, bahkan di tanjung sari juga,” bebernya.

Sementara itu, Kades Hajimena Rais Yusuf mengatakan kekosongan saldo tersebut bukanlah kuasa kades sebab baik pendataan maupun pembagian kartu dilakukan oleh pihak Kementrian Sosial. “Kami juga kurang paham, yang lebih menguasai adalah PKH dan TKSK sebagai perwakilan Kemensos di kecamatan dan desa,” kata dia.

BACA :  Belasan Juta Daftar Regular, Sartipikat Malah Terbit Lewat PTSL

Menjawab keluhan tersebut, Pendamping PKH Kecamatan Natar Singgih Aprianto menjelaskan kosongnya saldo tersebut memang sering terjadi namun jika tidak ada hambatan maka saldo akan terisi dengan sendirinya. “Tetapi tetap harus melapor, supaya bisa diproses,” tuturnya. (Kms)