Warga Malangsari Swadaya Renovasi Masjid

60
Rifky - Kades Malangsari Supriyadi saat menunjukkan Masjid yang masih dalam tahap pembangunan. (6/2).

TANJUNG SARI– Bersumber dari swadaya masyarakat dan bantuan dari berbagai pihak, sebuah Masjid yang terletak persis didepan Balai Desa Malangsari, Kecamatan Tanjung Sari direnovasi total.

Kepala Desa (Kades) Malangsari Supriyadi mengatakan, bahwa Masjid itu memang sudah sangatlah tua. Oleh karena itu, dengan adanya bantuan yang berasal dari Timur Tengah kini masjid tersebut di renovasi.

“Kita mendapat bantuan dari Timur Tengah berupa semen dan plafon. Selain itu juga dari swadaya masyarakat. Sebetulnya ini modal nekat saja. Karena sudah mantap akhirnya Masjid ini langsung kita bongkar,” ucapnya kepada Radar Lamsel, Rabu (6/2).

Dengan adanya bantuan dari Timur Tengah itu, Pemerintah Desa tersebut langsung berupaya mengumpulkan dana untung melangsungkan renovasi itu. Namun, karena minimnya anggaran membuat Pemerintah Desa tersebut merasa kesulitan.

BACA :  Desa Kertosari Tiadakan Kegiatan Massal

Awalnya kita hanya punya dana sekitar 20 juta, pokonya kita benar-benar nekat untuk membongkar masjid ini. Bantuan itukan hanya semen dan plafon saja, tetapi material seperti pasir, batu kerikil dan batu bata kita yang sediakan. Biaya tukang juga kita,” bebernya.

Sambungnya Supriyadi mengatakan jika Masjid itu tidak hanya sekedar di renovasi saja, tetapi ukuran Masjid itu juga kini diperluas. Bahkan, toilet serta tempat wudhu di masjud itu juga disolek. Kini, renovasi masjid itu sudah berjalan 35 persen.

BACA :  Kantor Camat Tanjungsari Disterilisasi

“Masjin ini memang belum lama kita bongkar, baru berjalan sekitar 35 persen. Pemasangan plafon dan atap juga belum dimulai, sekarang masih proses pemasangan batu bata. Toilet dan tempat wudhu juga kita perbaiki lagi,” kata dia.

Masih kata Supriyadi, dirinya menuturkan bahwa Masjid itu juga nantinya akan dijadikan sebuah Tempat Pengajian Anak (TPA). “Kalau sudah jadi nanti Masjid ini juga akan dijadikan TPA,” tuturnya.

Dirinya berharap, dengan adanya renovasi itu dapat memberi kenyamanan kepada masyarakat di desa tersubut dalam beribadah. “Semoga ini bisa memberi kenyamanan terhadap masyarakat,” harapnya.(CW1)